Langka! Jokowi Jamu Ketum Parpol Makan Siang di Ruang Privat Presiden

Baru kali ini Jokowi bawa tamu makan di presidential lounge

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengadakan jamuan makan siang dengan sejumlah ketua umum partai politik koalisi pemerintahan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Makan siang itu dilakukan sebelum Jokowi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri hasil rombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, makan siang itu dilakukan di salah satu tempat istimewa di Istana Presiden. Lokasinya berada di presidential lounge.

"Ya artinya kebetulan hari ini ada satu ketua umum baru gitu kan ya secara formal dikukuhkan, makan siangnya ya makan siang di tempat baru yang belum pernah dipakai Presiden untuk menjamu siapa pun, karena ini memang ruang privat presiden yang disebut presidential lounge. Maka yang pertama kali diundang sebagai tamu-tamu adalah ketua-ketua umum partai," ujar Pramono di Istana Kepresidenan.

Ketua umum baru yang dimaksud adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang dilantik sebagai Menteri Perdagangan. Pimpinan parpol yang ikut makan siang bersama Jokowi ada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Ada juga Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Baca Juga: [BREAKING] Sah! Zulhas dan Hadi Jadi Menteri Kabinet Indonesia Maju

1. Sah! Zulhas dan Hadi jadi menteri Kabinet Indonesia Maju

Langka! Jokowi Jamu Ketum Parpol Makan Siang di Ruang Privat PresidenMenteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) berfoto bersama Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto (kanan) usai upacara pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 di Istana Negara, Rabu (15/6/2022). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sebelumnya, Presiden Jokowi secara resmi melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Zulhas dilantik sebagai Menteri Perdagangan menggantikan M Lutfi. Sementara, Hadi menduduki jabatan sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hadi menggantikan Sofyan Djalil. Pelantikan itu digelar di Istana Merdeka, Rabu (15/6/2022).

Pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju hari ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 64/B Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara, Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Baca Juga: Deretan Kader PAN yang Dinilai Mumpuni Masuk Kabinet, Ada Zulhas

2. Jokowi juga lantik tiga wakil menteri

Langka! Jokowi Jamu Ketum Parpol Makan Siang di Ruang Privat PresidenMenteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kedua kiri) berfoto bersama Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto (tengah), Wamen ATR Raja Juli Antoni (kedua kanan), Wamendagri John Wempi Watipo (kiri) dan Wamenaker Afriansyah Noor (kanan) usai upacara pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 di Istana Negara, Rabu (15/6/2022). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Selain itu, ada tiga wakil menteri yang juga dilantik hari ini, yakni Afriansyah Noor sebagai Wakil Menaker, Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN, dan John Wempi Wetipo sebagai Wamendagri.

Dengan mengenakan setelan jas berwarna abu-abu, dasi merah, peci hitam, dan masker, Jokowi memimpin jalannya acara pelantikan. Dia meminta para menteri dan wakil menteri tersebut mengucapkan sumpah jabatan dengan mengikuti ucapannya.

"Demi Allah saya bersumpah, akan setia kepada UUD 1945 serta menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata mereka mengikuti sumpah yang dibacakan Jokowi.

3. Jadi Mendag, Zulkifli siap kerja sama dengan Luhut bereskan minyak goreng

Langka! Jokowi Jamu Ketum Parpol Makan Siang di Ruang Privat PresidenMenteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Usai pelantikan, pria yang akrab disapa Zulhas itu percaya diri (PD) bisa menyelesaikan berbagai masalah minyak goreng (migor) di Tanah Air.

"Saya insyaallah sama-sama dengan teman-teman bisa cepat menyelesaikan, terutama minyak goreng. Ketersediaannya ada, harga terjangkau, kalau lama-lama kan kasihan rakyatnya. Itu saya kira prioritas," ujar Zulkifli di Istana Kepresidenan.

Dalam kesempatan itu, Zulkifli mengapresiasi kinerja Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, yang sudah melakukan perbaikan terkait masalah minyak goreng curah. Dia juga berencana bekerja sama dengan Luhut untuk menyelesaikan masalah minyak goreng curah.

"Ya semua pihak yang terkait tentu (kerja sama, termasuk Luhut), gak mungkin sendiri. Itu kan kerjaan besar ya. Tapi kalau sudah ketemu formulanya, saya kira mudah ya," ucapnya.

Baca Juga: Harta Kekayaan Zulkifli Hasan Rp32 Miliar, Tidak Punya Utang!

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya