Mau Ikut Upacara HUT ke-78 RI di Istana? Begini Cara Daftarnya

Kapasitas yang tersedia ada 8 ribu undangan

Jakarta, IDN Times - Sekretariat Kepresidenan RI akan mengundang masyarakat yang ingin mengikuti upacara HUT ke-78 di Istana Merdeka, Jakarta, pada 17 Agustus 2023. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono sebagai Ketua I Panitia Pelaksana Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, menyampaikan, Istana akan mengundang tamu dengan kapasitas penuh pada upacara peringatan detik-detik proklamasi.

"Ada sedikit perbedaan, yang pertama adalah kami full undangan secara fisik jumlahnya kurang lebih pagi hari 8.000 dan sore harinya, seperti itu," ujar Heru dalam keterangannya di kanal YouTube Sekretariat Presiden seperti dikutip IDN Times, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga: Istana Luncurkan Logo dan Tema HUT ke-78 RI

1. Masyarakat bisa ikut upacara daring atau luring

Mau Ikut Upacara HUT ke-78 RI di Istana? Begini Cara DaftarnyaLogo HUT ke-78 RI (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Bagi kamu yang ingin mengikuti upacara pengibaran bendera pusaka secara daring atau luring ada sejumlah tata caranya. Berikut cara daftarnya:

  • Registrasi melalui laman pandang.istanapresiden.go.id
  • Bila sudah masuk, pilih menu daftar sekarang. Setelah itu, pilih hadir langsung atau upacara melalui video conference
  • Isi identitas pribadi, konfirmasi juga mengenai sertifikat vaksin booster COVID-19. Setelah itu, pilih menu simpan
  • Validasi data pribadi melalui email
  • Tunggu informasi lebih lanjut melalui emal
  • Bila kamu terpilih, bisa mengambil undangan resmi pada jadwal yang sudah ditentukan melalui e-mail.

Baca Juga: Zikir Jelang HUT ke-78 RI, Wapres Ajak Masyarakat Indonesia Bersatu

2. Akan ada pertunjukan seni

Mau Ikut Upacara HUT ke-78 RI di Istana? Begini Cara DaftarnyaSekretaris Kemensetneg, Setya Utama (dok. Sekretariat Presiden)

Pada 17 Agustus 2023, di depan Istana Merdeka, Jakarta, hingga Monas juga akan ada pertunjukkan seni. Selain itu, akan ada kirab bendera. Masyarakat bisa menyaksikan rangkaian kegiatan tersebut.

"Ini kami panjangkan jalurnya dari cawan Monas menuju patung kuda, dari sana dari patung kuda belok ke kanan melewati kantornya Ibu Wamen (Kemenparekraf) dan beberapa kantor kementerian terus lanjut masuk Istana. Sehingga kami harapkan masyarakat juga bisa melihat di dalam Monas maupun di sepanjang jalan yang tadi saya sampaikan Merdeka Barat," kata dia.

Baca Juga: Tari Reog, Penampilan Angklung, Hingga Senam Sicita Ramaikan BBK 2023

3. Akan ada pagelaran angklung di SUGBK

Mau Ikut Upacara HUT ke-78 RI di Istana? Begini Cara DaftarnyaLogo HUT ke-78 RI (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama mengatakan juga ada istigasah dan zikir kebangsaan pada Selasa, 1 Agustus 2023.

"Sebagaimana biasa agenda bulan kemerdekaan di Istana akan diawali dengan zikir dan doa kebangsaan pada tanggal 1 Agustus, dilanjutkan dengan penganugerahan tanda kehormatan pada tanggal 14 Agustus, pengukuhan Paskibraka pada tanggal 15 Agustus. Kemudian pidato Presiden pada sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR/DPD, serta pidato penyampaian RAPBN semuanya pada tanggal 16 Agustus," ucap Setya.

Setya mengatakan, selain kirab bendera dan seni di Monas, pemerintah juga menggelar pagelaran angklung hingga peragaan busana di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Kami mengajak kepada saudara-saudara semua untuk hadir dan menyaksikan kemeriahan dari kirab tersebut yang mungkin di tahun-tahun sebelumnya tidak diadakan. Tadi dikoordinasi oleh Ketua II yaitu pagelaran angklung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), kemudian peragaan busana 'Istana Berkebaya' dan juga pertunjukan video mapping di Monas," imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya