Media Asing Soroti Janji Mahfud Perangi Korupsi Saat Daftar di KPU

Mahfud juga berjanji akan menegakkan hukum

Jakarta, IDN Times - Sejumlah media asing menyoroti proses pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Kamis (19/10/2023). Pada hari itu, ada dua pasangan calon yang mendaftar.

Pertama, ada Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). Pasangan kedua, ada Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Baca Juga: Visi Misi Ganjar-Mahfud untuk 2024, Bertema Menuju Indonesia Unggul

1. Soroti janji Mahfud soal perangi korupsi

Media Asing Soroti Janji Mahfud Perangi Korupsi Saat Daftar di KPUPasangan Ganjar-Mahfud usai menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Jakarta Pusat pada Kamis (19/10/2023). (IDN Times/Santi Dewi)

Media The Strait Times, menyoroti janji Mahfud akan memerangi korupsi. Dia juga berjanji akan menegakkan aturan hukum.

“Dalam pidatonya setelah pengumuman tersebut, Mahfud menekankan perlunya Indonesia mempertahankan penegakan hukum yang kuat dan terus memerangi korupsi,” tulis The Strait Times.

Media tersebut juga menyebutkan Mahfud merupakan bacawapres 2019 bersama Joko "Jokowi" Widodo. Namun, namanya berubah di detik terakhir jelang pengumuman.

"Mahfud sebelumnya adalah calon wakil presiden pada Pemilu 2019, sebagai cawapres Bapak Widodo. Ia diganti pada menit-menit terakhir setelah elite partai di PDI-P dan mitra koalisinya memilih Ma’ruf Amin, seorang pemimpin NU," kata dia.

Baca Juga: AMIN Tiba di Kantor KPU, Anies: Semangatnya Luar Biasa!

2. Anggap ada lautan bendera partai

Media Asing Soroti Janji Mahfud Perangi Korupsi Saat Daftar di KPUPasangan Amin atau Anies - Muhaimin tiba di KPU pada Kamis (19/10/2023). (IDN Times/Aryodamar)

The Strait Times juga menyebutkan, para pendukung AMIN dan dilanjut oleh pendukung Ganjar-Mahfud membuat lautan bendera yang dibawa manusia. Sebab, saat mengantar pasangan capres, ribuan relawan turut membawa bendera partai.

"Itu merupakan lautan bendera partai di Komisi Pemilihan Umum Indonesia," tulis media tersebut.

3. ABC News soroti ribuam polisi diturunkan kawal pendaftaran capres dan cawapres

Media Asing Soroti Janji Mahfud Perangi Korupsi Saat Daftar di KPUBerbagai spanduk yang ada di sekitar kawasan KPU jelang pendaftaran pasangan Anies-Cak Imin pada Kamis (19/10/2023). (IDN Times/Aryodamar)

Sementara itu, ABC News menuliskan soal 2.400 personel Polri diturunkan untuk mengawal proses pendaftaran capres-cawapres 2024 di KPU.

ABC News menuliskan, pasangan AMIN dan Ganjar-Mahfud merupakan capres-cawapres yang mendaftar di hari pertama. Periode pendaftaran capres-cawapres 2024 dilakukan dari 19-25 Oktober 2023.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya