Menelusuri Rumah Pribadi Ferdy Sambo yang Jadi Tempat PCR 

Tak bisa sembarang orang masuk ke dalam perumahan

Jakarta, IDN Times - Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Choril Anam, mengatakan, Kadiv Propam Polri nonaktif, Irjen Pol Ferdy Sambo bersama istrinya Putri Ferdy Sambo, dan Brigadir J sempat melakukan tes PCR bersama. Tes PCR itu dilakukan di kediaman pribadi Sambo di Jalan Saguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Rumah pribadi itu disebut dekat dengan tempat kejadian perkara (TKP) tewasnya Brigadir J, yakni rumah dinas Kadiv Propam Polri. IDN Times pada Jumat (29/7/2022), mencoba mendatangi lokasi kediaman pribadi Sambo.

Melalui bantuan Google Maps, IDN Times mencoba menelusuri kediaman pribadi Sambo yang disebutkan berada di Jalan Saguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan. Akses lokasinya tak sulit.

Sebelum bisa masuk ke Jalan Saguling III, IDN Times harus melewati Jalan Saguling terlebih dahulu. Namun, di sini terhalang portal sebagai pembatas siapa saja orang yang bisa masuk ke dalam area kompleks.

Baca Juga: Komnas HAM Akan Cek Rekaman CCTV hingga Ponsel Brigadir J 

1. Satpam tak izinkan masuk

Menelusuri Rumah Pribadi Ferdy Sambo yang Jadi Tempat PCR Jalan Saguling, Jakarta Selatan akses menuju rumah pribadi Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo tertutup portal (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Di Jalan Saguling 1, petugas satpam tak mengizinkan IDN Times masuk ketika meminta izin untuk dibukakan pintu portal. Satpam kemudian menanyakan tujuan dan nomor berapa rumah yang akan dikunjungi.

Namun, ketika mengatakan hendak ke rumah Ferdy Sambo, satpam enggan membukakan pintu.

"Gak bisa, harus ada izin dulu soalnya," kata satpam yang enggan disebutkan namanya.

Tak hanya itu, satpam juga tak mau menyebutkan lokasi persisnya rumah Sambo di jalan tersebut. Dia hanya menggelengkan kepala.

Baca Juga: Teka-Teki Kematian Brigadir J Masih Misteri, dari PCR hingga CCTV

2. Kondisi terkini rumah dinas Kadiv Propam Polri

Menelusuri Rumah Pribadi Ferdy Sambo yang Jadi Tempat PCR Suasana rumah dinas Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo di Perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (29/7/2022) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Karena tak mendapat akses masuk, IDN Times bergeser ke tempat kejadian perkara tewasnya Brigadir J, yakni rumah dinas Kadiv Propam Polri di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Pantau IDN Times di lokasi, sekitar pukul 11.00 WIB, kondisi rumahnya tampak sepi. Garis polisi pun masih terpasang mengelilingi bangunan tersebut.

Tak terlihat ada aktivitas apapun, hanya lampu di luar rumah yang masih menyala. IDN Times mencoba bertanya kepada satpam yang berada di pos jaga tentang apakah pernah ada aktivitas hari ini di rumah dinas tersebut.

Namun, satpam di Kompleks Polri juga enggan memberi komentar. Tak hanya itu, suasana di sekitar kompleks juga tampak sepi. Hanya sesekali ada kendaraan yang melintas.

Selain itu, IDN Times juga mencoba mengecek jarak rumah dinas Kadiv Propam Polri dengan kediaman pribadi Sambo yang disebutkan ada di Jalan Saguling III.

Google Maps mengeluarkan data berjarak 280 meter, dengan tujuan Jalan Saguling III dari rumah dinas Kadiv Propam Polri. Bila berjalan kaki, bisa ditempuh sekitar 3 menit.

IDN Times mencoba menelusuri, Namun, aksesnya kembali tertutup. Kali ini bukan portal, tapi pagar besi tinggi. Kondisi pagar terkunci gembok. Tak ada jalan lain untuk menuju rumah pribadi Sambo bagi masyarakat luar.

3. Brigadir J terekam CCTV lakukan tes PCR di rumah pribadi Sambo

Menelusuri Rumah Pribadi Ferdy Sambo yang Jadi Tempat PCR CCTV di sekitar rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo, Perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, mengatakan, pihaknya menerima lebih dari 20 video yang memperlihatkan kegiatan Ferdy Sambo, istrinya, dan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, sebelum Brigadir J tewas bersimbah darah di rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.    

Video-video tersebut memperlihatkan 27 titik mulai dari Magelang, Jawa Tengah ke Duren Tiga, Jakarta Selatan, serta video ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Dalam video tersebut, kata Anam, ada momen proses tes PCR rombongan Ferdy Sambo dan istrinya yakni Putri, begitu tiba di Duren Tiga dari Magelang. Mereka melakukan tes PCR di rumah pribadi Ferdy Sambo yang juga berada di dalam kompleks Perumahan Polri Duren Tiga, yang berjarak sekitar 500 meter dari rumah dinas Ferdy yang menjadi TKP tewasnya Brigadir J.

"Dalam video itu terkait PCR, rombongan dari Magelang sampai, terus yang kelihatan memang masuk rombongan-rombongan itu, barulah masuk ke ruangan PCR, ini di mana, ini di rumah (di rumah pribadi Ferdy Sambo), di rumah di Duren Tiga sana" kata Anam dalam Konferensi Pers di Komnas HAM, Rabu (27/7/2022).

Di rumah pribadi Ferdy Sambo itu, kata Anam, yang terlihat menjalani PCR adalah semua rombongan dari Magelang, salah satunya almarhum Brigadir J.

Menurut Anam, video-video itu diberikan dari Siber Bareskrim dan Digital Forensik Puslabfor Polri, dalam rangka melengkapi rangkaian pemantauan dan penyelidikan peristiwa polisi tembak polisi yang menewaskan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo, pada Jumat 8 Juli 2022. 

"Raw materialnya kami dikasih, sequnce dari jaringannya, siapa mgomong apa, kami dikasih," ujarnya.

Baca Juga: Terkuak! Beda Pernyataan Polri dengan Temuan Baru Kematian Brigadir J 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya