Mensos Risma Beri Bantuan Rp3,3 M Bangun Rumah Tahan Bencana di Malaka

Pembangunan tahap awal ada 20 rumah

Malaka, IDN Times - Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini atau Risma, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam kunjungan itu, Risma menyerahkan bantuan Rp3,3 miliar untuk membangun 20 rumah tahan bencana.

Risma mengatakan, pembangunan 20 rumah tahan bencana itu untuk tahap pertama. Total, ada 100 rumah tahan bencana yang akan dibangun di Malaka.

"Saya ada di sini itu memang tugas, Kemensos selain fakir miskin, kami punya tugas mengurus wilayah 3T, terdepan, terluar, tertinggal. Jadi kami nangani paling depan, karena kalau memang kalau terdepan itu tugas saya, sampai semampu saya, tapi kalau sudah gak ada duit itu baru saya nyerah. Tapi kalau masih ada, saya usahakan," ujar Risma, Jumat (16/6/2023).

Tahap awal, pembangunan rumah tahan bencana itu dilakukan di Desa Alas Selatan. Risma juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah tahan bencana.

Baca Juga: Kemensos Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Banjir Pasuruan

1. Progres pembangunan tergantung Bupati Malaka

Mensos Risma Beri Bantuan Rp3,3 M Bangun Rumah Tahan Bencana di MalakaMenteri Sosial Tri Rismaharini serahkan bantuan rumah tahan bencana di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Risma menegaskan, progres pembangunan rumah tahan bencana ini tergantung dari kecepatan Bupati Malaka, Simon Nahak.

"Delapan puluh (rumah tahan bencana) langsung eksekusi, tapi lambat. Tapi memang saya kejar. Coba tanya bupatinya. Siapa yang lambat? Kenapa ya bagi saya lebih cepat lebih baik, sekarang di Pak Bupati," ucap dia.

"Jadi, saya juga harus tahu siapa yang dikasih, jadi kalau saya diperiksa jadi saya tahu nama, alamatnya jelas, nanti NIK-nya saya cocokkan. Karena ini uang rakyat," sambungnya.

Selain itu, Risma juga memberikan bantuan 100 penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS), dan juga ayam petelur 1.500 ekor untuk dikelola warga Malaka.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Bansos Beras, Risma Akui Cium Kejanggalan di Kemensos

2. Risma sebut Kabupaten Malaka miliki potensi

Mensos Risma Beri Bantuan Rp3,3 M Bangun Rumah Tahan Bencana di MalakaMenteri Sosial Tri Rismaharini serahkan bantuan rumah tahan bencana di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih Lanjut, Risma menyebut, Kabupaten Malaka memiliki potensi untuk berkembang. Mantan Wali Kota Surabaya itu menerangkan, tanah di Kabupaten Malaka bisa ditanami apapun asalkan ada kemauan.

"Tadi saya di jalan lihat, ini bisa ini. Saya yakin ini tanahnya subur di Malaka," kata dia.

3. Bupati Malaka sampaikan terima kasih

Mensos Risma Beri Bantuan Rp3,3 M Bangun Rumah Tahan Bencana di MalakaBupati Malaka, Simon Nahak (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Simon Nahak menyampaikan terima kasih atas bantuan Menteri Sosial. Simon mengaku, semua permintaannya semua dikabulkan Risma.

"Kami butuh rumah, ibu berikan, kami butuh penerangan jalan, ibu berikan. Ibu men-support, ibu sudah berikan kami kambing, babi, sapi, ayam. Kami kalau rajin seperti Ibu Risma, kami akan maju," kata Simon.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya