Panglima TNI Mutasi Danlanud Abdulrachman Saleh Usai 2 Pesawat jatuh

Total, ada 60 perwira tinggi TNI yang dimutasi dan promosi

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono melakukan promosi dan mutasi jabatan terhadap 60 perwira tinggi di lingkungan TNI. Salah satu yang dimutasi adalah Danlanud Abdulrachman Saleh, Marsma TNI Fairyanto.

Fairyanto dipindahkan menjadi Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Jabatan Danlanud Abdulrachman Saleh diisi oleh Marsma TNI Firman Wirayuda.

Baca Juga: Panglima TNI Mutasi dan Promosi Jabatan 60 Perwira Tinggi TNI

1. Mutasi dan promosi berdasarkan surat keputusan Panglima TNI

Panglima TNI Mutasi Danlanud Abdulrachman Saleh Usai 2 Pesawat jatuhPanglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Mutasi dan promosi jabatan itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1324/XI/2023 tanggal 17 November 2023, tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

“Telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 60 Pati TNI terdiri dari 25 Pati TNI AD, 10 Pati TNI AL dan 25 Pati TNI AU," ujar Kapuspen TNI, Laksda TNI Julius Widjojono, dalam keterangannya, dikutip Minggu (19/11/2023).

Baca Juga: Spesifikasi Super Tucano, Pesawat dari Brasil yang Alami Kecelakaan

2. Empat orang gugur akibat pesawat TNI jatuh di Pasuruan

Panglima TNI Mutasi Danlanud Abdulrachman Saleh Usai 2 Pesawat jatuhIlustrasi pesawat Super Tucano. IDN Times/Sukma Shakti.

Diketahui, total ada empat orang yang dinyatakan gugur dalam kecelakaan latihan formasi udara menggunakan pesawat Super Tucano pada Kamis (16/11/2023) siang. Keempat korban adalah Mayor Penerbang Yuda Seta, Kolonel Administrasi Widiono, Kolonel Penerbang Subhan, Letkol Penerbang Sandhra Gunawan.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Agung Sasongkojati, mengonfirmasi bahwa Letkol Sandhra ditemukan tidak jauh dari lokasi kecelakaan. Ia ditemukan oleh tim pencari pada pukul 19.00 WIB. Ia langsung dievakuasi dan jenazahnya dibawa ke Lanud Abdulrahman Saleh Malang.

"Ternyata pada jam 7 malam, jenazah Letkol Sandhra telah ditemukan dan menyusul dibawa ke Lanud Abdulrahman Saleh. Jadi semua korban telah ditemukan," terangnya pada Kamis (16/11/2023).

Dipastikan tidak ada yang selamat dalam kecelakaan pesawat akibat menabrak tebing tersebut.

3. Pesawat Super Tucano sempat masuk awan tebal

Panglima TNI Mutasi Danlanud Abdulrachman Saleh Usai 2 Pesawat jatuhIlustrasi pesawat Super Tucano. IDN Times/Sukma Shakti.

TNI AU menyampaikan, dalam misi latihan pada Kamis (16/11/2023), ada empat pesawat Super Tucano dan delapan kru. Namun, dua pesawat mengalami kecelakaan. 

"Mereka terbang formasi, take off satu per satu. Setelah terbang ke atas mereka bergabung menjadi satu kesatuan pesawat yang formasi. Posisi formasi pesawat itu dekat sekali," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Agung Dwisasongkojati, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (17/11/2023). 

Ketika pesawat sedang mendaki ke ketinggian tertentu, kondisi awan terlihat tipis. Namun, kondisi cepat berubah. 

"Awan tiba-tiba menebal dengan pekat. Bahkan, pesawat yang jaraknya dekat sekitar 30 meter tidak terlihat. Awannya sangat tebal dan para penerbang mengatakan blind. Bahasa Indonesianya diartikan buta dan tidak terlihat. Itu adalah prosedur. Prosedur yang sama pula yang menyelamatkan dua unit pesawat," kata dia. 

Ketika kondisi penglihatan tidak terlihat jelas, maka pesawat-pesawat secara otomatis menjauhkan diri. Tujuannya agar tidak saling bertabrakan. 

"Ketika pesawat menjauhkan diri terdengar suara ELT (Emergency Location Transmitter). Sejurus kemudian terdengar ELT kedua. Tapi dua pesawat selamat karena melaksanakan prosedur dengan melepaskan diri dari formasi," tutur dia.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya