Pengurus PWI Temui Jokowi, Lapor soal Peningkatan Kompetensi Wartawan

Presiden mendukung penyelenggaraan sekolah jurnalisme

Jakarta, IDN Times - Sejumlah Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menemui Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Usai pertemuan, Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun mengatakan pihaknya melaporkan tentang pendidikan dan peningkatan kompetensi wartawan kepada Presiden Jokowi.

"Kami melaporkan bahwa telah terpilih ketua umum baru (dalam) Kongres PWI di Bandung pada 25-26 September yang lalu. Yang kedua, kami melaporkan bahwa kami ingin fokus kembali pada masalah pendidikan, peningkatan kompetensi wartawan, dan wawasan kebangsaan wartawan," ujar Hendry, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Wakil Ketua DK PWI sekaligus Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Baca Juga: Banyak Jurnalis Tewas Imbas Serangan ke Gaza, PWI: Tak Masuk Akal

1. Bahas soal sekolah jurnalisme

Pengurus PWI Temui Jokowi, Lapor soal Peningkatan Kompetensi WartawanPresiden Joko Widodo menerima Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (7/11/2023). (Dok Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Dalam kesempatan itu, Hendry menyebut Presiden Jokowi mendukung penyelenggaraan sekolah jurnalisme Indonesia dan uji kompetensi wartawan. Hal itu terbukti ketika membahas mengenai hal tersebut, Jokowi langsung menelepon Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim.

"Tadi Bapak Presiden langsung menelepon Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk membantu kembali PWI agar apa yang telah dilaksanakan dulu dapat berjalan kembali," ucapnya.

Baca Juga: Anggota PWI yang Rangkap PNS/ASN Harus Mundur

2. PWI juga sampaikan rencana peluncuran Graha Pers Pancasila di Yogyakarta

Pengurus PWI Temui Jokowi, Lapor soal Peningkatan Kompetensi WartawanPresiden Joko Widodo menerima Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7/11/2023). (Dok Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Hendry menyampaikan ke Presiden Jokowi, PWI akan melakukan sosialisasi pers kebangsaan dan peluncuran Graha Pers Pancasila. Peluncuran itu digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta pada November 2023.

"Bapak Presiden mengatakan seandainya nanti memang ada kekurangan dari pemerintah Provinsi Yogyakarta, pemerintah pusat akan membantu," kata dia.

Baca Juga: Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun: Saya Hanya Menjabat Satu Periode

3. Bahas sikap pers dalam Pemilu 2024

Pengurus PWI Temui Jokowi, Lapor soal Peningkatan Kompetensi WartawanPresiden Joko Widodo menerima Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7/11/2023). (Dok Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Lebih lanjut, Hendry menerangkan, pertemuan PWI dengan Presiden Jokowi turut membahas mengenai sikap pers dalam Pemilu 2024. Jokowi meminta pers untuk senantiasa menyebarkan narasi pemilu damai.

"Disampaikan bahwa sebetulnya sekarang ini tidak ada persoalan, biasa-biasa saja, sejuk-sejuk saja, diimbau agar kita semua masyarakat ikut menjaga pemilu yang damai, yang menjaga keutuhan bangsa dan negara, tidak memecah belah," kata dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya