PKB-Gerindra Makin Akrab, Koalisi Semut Merah Bareng PKS Batal?

PKS sebut Koalisi Semut Merah belum deklarasi

Jakarta, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) makin dekat dengan  Partai Gerindra. Para elite dari kedua partai itu mengaku sudah semakin mantap menjalin kerja sama.

Namun, hingga kini belum ada kepastian kapan melakukan deklarasi. Kedekatan PKB dan Gerindra membuat sejumlah pertanyaan mengenai nasib koalisi Semut Merah yang digagas oleh PKB dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Aljufri menganggap santai hal itu. Menurutnya, koalisi Semut Merah pun belum melakukan deklarasi.

"Selagi belum deklarasi, bisa berubah-ubah, yang dekat bisa berjauh, yang jauh bisa dekat lagi, yang dekat bisa bubar. Semua bisa terjadi," ujar Salim di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Senin (11/7/2022).

Baca Juga: PKB-Gerindra Belum Bisa Disebut Koalisi, Arah Politik Potensi Berubah

1. Komunikasi PKS dengan partai lain jalan terus

PKB-Gerindra Makin Akrab, Koalisi Semut Merah Bareng PKS Batal?Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Aljufri (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Salim mengatakan, PKS terus melakukan komunikasi dengan partai lain. PKS akan menjalin koalisi dengan partai yang memiliki visi dan misi untuk membangun bangsa.

"Kalau komunikasi jalan terus, dengan semua partai kita lakukan, tapi sekali lagi, masih sekadar komunikasi, belum sampai pada titik untuk deklarasi," ucap dia.

Baca Juga: Koalisi Gerindra-PKB Serius, Prabowo Masih Dilobi Jadi Capres

2. Koalisi Gerindra-PKB Serius, Prabowo Masih Dilobi Jadi Capres

PKB-Gerindra Makin Akrab, Koalisi Semut Merah Bareng PKS Batal?Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan pihaknya serius berkoalisi dengan PKB. Dia mengaku kedua pihak telah sepakat bekerja sama dalam koalisi menghadapi Pemilu 2024.

“Benar kok Gerindra dan PKB sudah sepakat untuk bekerja sama atau berkoalisi untuk bersama-sama menghadapi pemilu 2024,” kata Dasco dalam keterangan tertulis, Minggu (3/7/2022).

Baca Juga: PKB Ungkap Nasib Koalisi Semut Merah Pascabertemu Prabowo

3. Prabowo masih dilobi jadi capres

PKB-Gerindra Makin Akrab, Koalisi Semut Merah Bareng PKS Batal?Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Dasco mengatakan koalisi Gerindra-PKB yang dinamakan Kebangkitan Indonesia Raya ini memang belum melakukan deklarasi, dan menetapkan bakal pasangan capres-cawapres yang akan diusung dalam Pilpres 2024.

Dia menjelaskan, Gerindra masih melobi Ketua Umum Prabowo Subianto untuk kembali berlaga dalam kontestasi Pilpres 2024. Keputusan siapa bakal capres yang akan diusung Gerindra baru akan diumumkan setelah Rapimnas pada akhir Juli mendatang.

“Saat ini Prabowo Subianto baru diminta akan kesediaannya untuk dikukuhkan menjadi capres dari Gerindra, melalui Rapimnas yang akan diselenggarakan pada akhir Juli 2022,” ujar Dasco.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya