PKB Undang 250 Ulama ke DKI, Bahas Kriteria Pemimpin 

Tidak akan ada deklarasi capres

Jakarata, IDN Times - Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menggelar Ijtima Ulama Nusantara di DKI Jakarta pada 13-14 Januari 2022. Dalam acara itu, PKB mengundang sekitar 250 ulama se-Indonesia.

Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB, Saifullah Maksum, mengatakan ulama yang diundang dalam ijtima itu tidak hanya dari kalangan Nahdlatul Ulama Saja (NU) tapi juga dari berbagai kalangan.

"Kiai yang hadir ada strukturan dan nonstruktur, karena keterbatasan akomodasi maksimal 300. PKB lahir dari kalangan NU, kita juga butuh masukan dari ulama (dari berbagai kalangan). Kita undang sebagian besar dari NU, dan beberapa dari luar Jawa yang bukan dari NU," ujar Saiful, Kamis (12/1/2023).

Baca Juga: PKB Akan Gelar Ijtima Ulama Nusantara, Wapres Dijadwalkan Hadir  

1. Akan bahas soal kepemimpinan nasional usai Jokowi tak menjabat Presiden RI

PKB Undang 250 Ulama ke DKI, Bahas Kriteria Pemimpin Presiden Jokowi saat berbincang santai dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Wakil Sekretaris Dewan Syuro, Maman Imanulhaq, mengatakan Ijtima Ulama Nusantara juga akan membahas kepemimpinan nasional setelah Joko "Jokowi" Widodo tak lagi menjabat.

"Soal kepemimpinan nasional di 2024, biasanya hari ini kita terjebak pada sosok atau personal tapi di Ijtima ini kita bicara soal kriteria, kriteria apa yang dibutuhkan oleh negeri ini pascaJokowi,” ucap Maman.

Baca Juga: Tolak Proporsional Tertutup, PKB Ngaku Sedang Konsolidasi Parpol Lain

2. Akan menghasilkan rekomendasi

PKB Undang 250 Ulama ke DKI, Bahas Kriteria Pemimpin Konferensi pers PKB gelar Ijtima Ulama Nusantara, Kamis (12/1/2023) (IDN Times/Ilman)

Dalam Ijtima Ulama Nusantara, akan menghadirkan sejumlah narasumber yang akan membahas sejumlah isu. Mulai dari isu sosial, keamanan, kesehatan hingga pendidikan.

Rekomendasi itu nantinya bisa diberikan kepada pemerintah langsung melalui PKB.

3. Tak akan ada deklarasi capres

PKB Undang 250 Ulama ke DKI, Bahas Kriteria Pemimpin Konferensi pers PKB gelar Ijtima Ulama Nusantara, Kamis (12/1/2023) (IDN Times/Ilman)

Lebih lanjut, Maman menegaskan, tak akan ada deklarasi capres 2024 di acara Ijtima Ulama Nusantara. Menurutnya, PKB akan mencalonkan ketua umumnya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sesuai hasil Mukernas di Bali.

"Jadi tidak akan ada nama, masih sangat cair hingga September dan kita yakin Ijtima ini akan jadi panduan bagi seluruh perangkat demokrasi yang kini terus bertarung di 2024," ucap dia.

Lebih lanjut, Maman menerangkan, masukan dari para ulama penting bagi PKB untuk menghadapi pemilu 2024.

"Ini sangat penting nanti kiai yang hadir berikan guidance untuk partai politik dan ormas, yang hingga kini hiruk pikuk dengan nama tapi lupa akan program, hiruk pikuk dengan sosok tapi enggak jelas visi dan misinya sampai sejauh mana bawa Indonesia ke depan jadi negara maju,” ujar Maman.

Acara tersebut juga nantinya akan dihadir oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Baca Juga: [WANSUS] Strategi PKB Gaet Suara Millennial dan Gen Z di Pemilu 2024

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya