PKS Tegaskan Tak Ada Mahar Politik Deklarasikan Anies-Cak Imin

PKS tegaskan tak ada syarat apapun

Jakarta, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendeklarasikan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, menegaskan, tidak ada mahar politik dalam mendukung Cak Imin sebagai bacawapres.

"Terkait dengan apakah ada syarat-syarat atau permintaan-permintan, partai koalisi ini menyatakan tidak ada syarat segala macam yang kita minta," ujar Syaikhu di kantor DPP PKS, Jakarta, Jumat (14/9/2023).

Baca Juga: PKS Resmi Usung Anies-Cak Imin,  Anies: Ini Bukan Politik Tanpa Tujuan

1. PKS deklarasi Anies-Cak Imin berdasarkan musyawarah Majelis Syura

PKS Tegaskan Tak Ada Mahar Politik Deklarasikan Anies-Cak IminBacapres-bacawapres Anies-Cak Imin menyambangi kantor DPP PKS (IDN Times/Ilman Nafi'an)

PKS mendeklarasikan Cak Imin sebagai cawapres Anies berdasarkan musyawarah ke-9 Majelis Syura. Keputusan itu dibacakan oleh Ahmad Syaikhu.

"Memutuskan Bapak Abdul Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi bakal calon presiden, Bapak Anies Rasyid Baswedan pada Pemilihan Presiden 2024," ucap Syaikhu.

"Menyetujui dan menetapkan Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Abdul Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon presiden dan bakaal calon wakil presiden diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera," sambungnya.

Baca Juga: PKS Deklarasi Cak Imin Jadi Cawapres Anies Baswedan

2. Anies sebut deklarasi ini bukan proses politik tanpa tujuan

PKS Tegaskan Tak Ada Mahar Politik Deklarasikan Anies-Cak IminBacapres-bacawapres Anies-Cak Imin menyambangi kantor DPP PKS (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Anies Baswedan mengatakan, ini bukan proses politik tanpa tujuan. Dia mengatakan, Anies-Cak Imin memiliki tujuan untuk menjadikan Indonesia yang lebih menghadirkan rasa keadilan.

"Proses yang dijalani selama beberapa waktu ini bukanlah proses politik tanpa tujuan, misi yang kita bawa adalah membuat Indonesia menjadi sebuah negeri yang menghadirkan rasa keadilan, sebuah negeri yang memberikan rasa kesetaraan dan pemerintahan yang memberikan perlindungan pada setiap tumpah darah Indonesia," kata Anies.

Baca Juga: PKS Resmi Usung Anies-Cak Imin,  Anies: Ini Bukan Politik Tanpa Tujuan

3. Cak Imin terharu

PKS Tegaskan Tak Ada Mahar Politik Deklarasikan Anies-Cak IminAnies-Cak Imin Dipakaikan Peci Saat Dideklarasikan PKS Duet di Pilpres. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara itu, Cak Imin mengaku terharu atas dukungan yang diberikan PKS. Dia pun menyampaikan terima kasih.

"Masyarakat yang ikut menyaksikan acara hari ini di seluruh Tanah Air, rasa syukur, terharu, bahagia atas silaturahmi dan pembacaan keputusan pada malam hari ini," kata Cak Imin.

Cak Imin mengatakan, PKS dan PKB bukan lah partai yang baru bekerja sama. Pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), PKS, dan PKB pun berada dalam satu koalisi.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Anies-Cak Imin Sambangi Kantor PKS, Aboe Bakar: Semut Merah Berlari

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya