Potret Jokowi Sambut Presiden Jerman Tanpa Masker

Jokowi memakai masker saat di dalam Istana 

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menerima kunjungan kerja Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/6/2022). Jokowi menyambut Frank di halaman Istana Kepresidenan Bogor.

Melalui tayangan yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi dan Steinmeier terlihat tidak mengunakan masker saat acara penyambutan.

Kemudian kedua kepala negara itu naik ke teras Istana Kepresidenan Bogor. Di sini, Jokowi dan Steinmeier saling memperkenalkan menterinya.

Baca Juga: Ramai Isu Reshuffle, PDIP Klaim Kadernya di Kabinet Sudah Kerja Baik

1. Jokowi baru menggunakan masker saat masuk ke Istana Kepresidenan Bogor

Potret Jokowi Sambut Presiden Jerman Tanpa MaskerPresiden Jokowi sambut kunjungan kerja Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Kepresidenan Bogor (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi bersama Steinmeier kemudian masuk ke dalam istana Kepresidenan Bogor. Keduanya pun menyempatkan foto bersama terlebih dahulu. Setelah itu, Jokowi mengenakan masker ketika berada di dalam Istana Kepresidenan Bogor.

"Merupakan kehormatan bagi saya menerima kunjungan Presiden Jerman Bapak Frank-Walter Steinmeier beserta seluruh delegasi. Indonesia menjadi salah satu negara pertama dalam kunjungan bilateral Presiden Jerman setelah kembali terpilih sebagai Presiden Jerman Bulan Februari tahun ini," ujar Jokowi, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga: Rakernas NasDem: Ganjar, Anies hingga Dudung Diusulkan Jadi Capres

2. Menkes memberikan tanggapan

Potret Jokowi Sambut Presiden Jerman Tanpa Masker

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memberikan penjelasan kenapa Presiden Jokowi tak mengenakan masker saat acara penyambutan.

"Sebagai informasi, teman-teman, tetap kita konsisten di luar kita bisa membuka, di luar itu kecil sekali. Tapi begitu masuk kembali ke ruangan, diharapkan dan disarankan tetap memakai masker. Bapak Presiden dan tamunya pun demikian," kata Budi.

3. Menkes ajak masyarakat waspada

Potret Jokowi Sambut Presiden Jerman Tanpa MaskerBudi Gunadi Sadikin (Instagram.com/budigsadikin)

Budi mengajak masyarakat tetap waspada terhadap penularan Virus Corona. Dia berharap, kasus COVID-19 di Indonesia tetap terkendali.

"Kita harus tetap waspada ya karena mudah-mudahan Indonesia sudah baik sekarang karena kita bukan negara yang sangat agresif untuk membuka tapi tetap waspada dan hati-hati," ucapnya.

Baca Juga: 6 Pembalap Tuan Rumah yang Pernah Podium di MotoGP Jerman

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya