Profil Yandri Susanto, Politikus PAN Calon Menteri Prabowo

Yandri merupakan Wakil Ketua Umum PAN

Intinya Sih...

  • Yandri Susanto diusulkan menjadi menteri kabinet Prabowo-Gibran untuk periode 2024-2029
  • Yandri lahir di Palak Siring, Bengkulu pada 7 November 1974 dan memiliki latar belakang pendidikan dari Universitas Negeri Bengkulu
  • Yandri memiliki pengalaman sebagai staf ahli anggota DPR RI, Manager Direktur PT Solusi Plus, dan anggota DPR RI periode 2009-2014 serta 2019-2024

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto, diusulkan menjadi salah satu menteri untuk kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, periode 2024-2029. Hal itu diungkap pertama kami oleh Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Daulay.

"Secara pribadi saya kenal mas Yandri sejak puluhan tahun lalu. Kala itu, kami sama-sama beraktivitas di organisasi kepemudaan. Saya Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah dan mas Yandri Ketua Umum BM PAN. Saya tahu banyak karya mas Yandri yang cukup berhasil, tidak hanya di PAN tetapi juga di luar partai. Dia pekerja keras, ulet, tangguh, pantang menyerah, bersahabat, ramah, dan memiliki jaringan yang cukup luas," kata Saleh dalam keterangannya, Rabu (9/5/2024).

Lalu, seperti apa profil Yandri Susanto?

Baca Juga: Selain Eko Patrio, PAN Sebut Nama Yandri untuk Jadi Menteri Prabowo

1. Profil Yandri Susanto, politikus kelahiran Palak Siring, Bengkulu

Profil Yandri Susanto, Politikus PAN Calon Menteri PrabowoWaketum PAN Yandri Susanto saat menjelaskan partainya mendapat momentum dengan masuknya banyak purnawirawan TNI dan Polri yang turut maju sebagai caleg di Pemilu 2024. (IDN Times/bt)

Yandri Susanto lahir di Palak Siring, Bengkulu, pada 7 November 1974.

Yandri menyelesaikan pendidikannya dari SD hingga sarjana di Bengkulu. Yandri merupakan lulusan Fakultas Peternakan, Universitas Negeri Bengkulu pada 1998.

Baca Juga: PAN Ingin Terus Koalisi dengan Gerinda di Pilkada Serentak 2024

2. Riwayat pekerjaan

Profil Yandri Susanto, Politikus PAN Calon Menteri PrabowoAnggota Komisi VIII DPR Yandri Susanto ditemui usai rapat Panja biaya haji 2023. (IDNTimes/Melani Putri)

Dilansir dari laman resmi DPR RI, Yandri bekerja sebagai staf ahli anggota DPR RI pada 2004-2009. Selain itu, Yandri juga tercatat sebagai Manager Direktur PT Solusi Plus tahun 2004-2012.

Yandri terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014. Kemudian, pada 2019-2024, Yandri kembali menduduki kursi DPR RI.

3. Yandri kini menjadi Wakil Ketua MPR RI

Profil Yandri Susanto, Politikus PAN Calon Menteri PrabowoWakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Kini, Yandri juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI. Yandri dilantik pada 28 Juni 2022.

Dia naik menjadi Wakil Ketua MPR RI menggantikan Zulkifli Hasan, yang kala itu ditunjuk Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi Menteri Perdagangan.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya