Qoriah Disawer saat Baca Al-Quran, Ketua Umum PBNU: Sangat Tidak Sopan

PBNU minta tak ada lagi perbuatan serupa terulang

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf, menyayangkan peristiwa seorang qoriah bernama Hj Nadia Hawasy disawer saat sedang membaca Al-Quran.

"Ya tidak sopan lah, tolong dihentikan yang begitu-begitu  ya, hormatilah Al-Quran," ujar Yahya di kantor PBNU, Jakarta, Jumat (5/1/2023).

Baca Juga: Qoriah yang Disawer Saat Ngaji Buka Suara, Nadia: Saya Sangat Marah

1. PBNU sebut ulama setempat sudah menegur

Qoriah Disawer saat Baca Al-Quran, Ketua Umum PBNU: Sangat Tidak SopanKatib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Yahya Cholil Staquf (ANTARA/Katriana)

Dalam kesempatan itu, Yahya menyebut ulama setempat sudah menegur para pelaku yang menyawer ustazah. Dia kembali menegaskan, perbuatan tersebut sangat tidak sopan.

"Saya kira oleh ulama ulama setempat sudah ditegur ya, itu sangat tidak sopan," kata dia.

Baca Juga: MUI Kecam Kejadian Ustazah Disawer saat Baca Al-Quran: Perbuatan Haram!

2. MUI juga mengecam peristiwa ini

Qoriah Disawer saat Baca Al-Quran, Ketua Umum PBNU: Sangat Tidak SopanKetua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH M Cholil Nafis (mui.or.id)

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengecam aksi tidak terpuji yang dilakukan dua pria kepada seorang ustazah yang sedang melantunkan ayat suci Al-Quran hingga viral di media sosial.

"Cara yang salah dan tak menghormati majelis. Perbuatan haram dan melanggar nilai-nilai kesopanan," kata Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Cholil Nafis, dalam cuitan di akun Twitter pribadinya, Jumat (6/1/2023).

Baca Juga: Viral Ustazah Disawer saat Baca Al-Quran, Warganet Kecam Penyawer

3. Perbuatan haram dan melanggar nilai-nilai kesopanan

Qoriah Disawer saat Baca Al-Quran, Ketua Umum PBNU: Sangat Tidak SopanVideo ustadzah disawer viral/@warganetinfo

Cholil mengingatkan kepada umat Islam, khususnya ulama dan tokoh masyarakat, agar melakukan tradisi yang tidak baik ini.

"Mohon ulama dan tokoh masyarakat menolak ini dan jangan menganggap ini tradisi yang baik," kata Cholil.

Diketahui, ketika Qoriah Nadia melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran ada dua pria naik ke panggung, salah seorang membuka dompet dan melemparkan sejumlah uang kertas di atas kepala Nadia.

Dalam kondisi seperti itu, Nadia tetap dalam posisinya membacakan Al-Quran meski pria tersebut melempar uang di sekitarnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya