Rakernas IV PDIP Dorong Pemerintah Bereskan Masalah Tenaga Honorer

Isu tenaga honorer menjadi hal yang paling disorot

Jakarta, IDN Times - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan menghasilkan sejumlah rekomendasi di bidang kedaulatan pangan hingga politik. Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, membacakan hasil rekomendasi tersebut.

Salah satu hasil rekomendasinya, mendorong pemerintah menyelesakan masalah tenaga honorer.

"Merekomendasikan kepada pemerintah untuk secepatnya menyelesaikan persoalan status kepegawaian dan kesejahteraan tenaga honorer, seperti guru, dosen, bidan, perawat pendamping desa, pendamping PKH, penyuluh pertanian serta perikanan, dan lain-lain. Termasuk, tenaga honorer pada instansi penyelenggaraan pemilu," ujar Hasto di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023).

PDIP juga memberikan apresiasi kepada penegak hukum dalam mencegah dan memberantas korupsi.

"Rakernas IV partai mengapresiasi kinerja aparat penegak hukum KPK, Kejaksaan dan Polri dalam mencegah dan memberantas korupsi serta merekomendasikan pentingnya sosialisasi guna meningkatkan kesadaran seluruh komponen masyarakat untuk mencegah korupsi dan praktik politik uang dalam pemilu," ucap dia.

Berikut rekomendasi Rakernas IV PDIP berkaitan dengan pemenangan Pemilu 2024:

1. Rakernas IV partai merekomendasikan strategi pemenangan pemilu dengan cara gotong royong berbasiskan TPS dan dilakukan oleh seluruh elemen partai yang menyatukan pemenangan pemilu legislatif dan pemilu presiden, sebagai satu kesatuan pemenangan berkaitan dengan hal tersebut setiap kader partai, anggota dan simpatisan wajib turun ke akar rumput, berkomunikasi secara langsung dengan rakyat didukung oleh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

2. Rakernas IV partai menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum PDI Perjuangan terhadap pengumuman calon Wakil Presiden yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo, pada momentum yang tepat dengan pertimbangkan dinamika politik pergerakan tiga pilar partai di akar rumput, kesiapan badan pemenang legislatif dan konsolidasi tim pemenangan Presiden.

3. Rakernas IV partai menempatkan rakyat sebagai pemegang kedaulatan negara berdasarkan undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang menempatkan Pemilu 2024, sebagai momentum transisi kekuatan secara konstitusional dan demokratis PDI Perjuangan bertekad melaksanakan pemilu sebagai wahana pemersatu bangsa melalui kampanye yang mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan narasi kemajuan melanjutkan dan mempercepat keberhasilan pemerintahan Presiden Jokowi.

4. Rakernas IV partai bertekad untuk melaksanakan keputusan kepala PDI Perjuangan pada tanggal 21 April 2023 yang menetapkan kadar PDI Perjuangan bapak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dan menginstruksikan kepada seluruh simpatisan anggota dan kader partai di setiap tingkatan untuk bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat partai politik pengusung dan relawan guna memenangkan pemilu presiden tahun 2024.

5. Rakernas IV Partai mendukung dan memfasilitasi pengembangan benih, teknologi dan inovasi yang dilakukan petani dan melindungi petani dari upaya kriminalisasi melalui reformasi peraturan perundangan.

6. Rakernas IV partai mendukung seluruh penyelenggaraan Pemilu untuk mengelola data partai politik anggota Partai politik dan calon anggota legislatif di seluruh tingkatan dan DPD RI, dengan mengedepankan kerahasiaan data pribadi sebagaimana diatur dalam undang-undang nomor 27 tahun 2022 tentang perlindungan atau pribadi.

7. Rakernas IV partai merekomendasikan kepada pemerintah untuk secepatnya menyelesaikan persoalan status kepegawaian dan kesehteraan tegaga honorer seperti guru, dosen, bidan, perawat, pendamping desa, pendamping PKH, penyuluh pertanian dan perikanan dan lain-lain, termasuk tenaga honorer pada instansi penyelenggara pemilu.

8. Rakernas IV partai mengapresiasi kinerja aparat penegak hukum KPK, Kejaksaan dan Polri dalam mencegah dan memberantas korupsi, serta merekomendasikan pentingnya sosialisasi guna meningkatkan kesadaran seluruh komponen masyarakat untuk mencegah korupsi dan praktik politik uang dalam pemilu.

Baca Juga: Rakernas IV PDIP Amanatkan Megawati Umumkan Cawapres Ganjar

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya