Rangkaian Agenda Peringatan HUT ke-78, Ada Istigasah-Kirab Budaya

Masyarakat bisa menyaksikan kirab bendera dan seni

Jakarta, IDN Times - Pemerintah memulai rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyampaikan, rangkaian kegiatan tahun ini akan digelar lebih meriah dan menghadirkan banyak tamu undangan. Hal itu dilakukan karena COVID-19 sudah menjadi endemik.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, sebagai Ketua I Panitia Pelaksana Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, menyampaikan bahwa upacara peringatan detik-detik proklamasi di Istana akan mengundang tamu dengan kapasitas penuh.

"Ada sedikit perbedaan, yang pertama adalah kami full undangan secara fisik jumlahnya kurang lebih pagi hari 8 ribu dan sore harinya, seperti itu," ujar Heru dalam keterangannya di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga: Warga Depok Diminta Meriahkan Perayaan HUT ke-78 RI

1. Akan ada pertunjukan seni

Rangkaian Agenda Peringatan HUT ke-78, Ada Istigasah-Kirab BudayaSuasana Istana Negara saat pelaksanaan Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-75 pada Senin, (17/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Pada 17 Agustus 2023, di depan Istana Merdeka Jakarta hingga Monas juga akan ada pertunjukkan seni. Selain itu, akan ada kirab bendera. Masyarakat bisa menyaksikan rangkaian kegiatan tersebut.

"Ini kami panjangkan jalurnya dari cawan Monas menuju patung kuda, dari sana dari patung kuda belok ke kanan melewati kantornya Ibu Wamen (Kemenparekraf) dan beberapa kantor kementerian terus lanjut masuk Istana. Sehingga kami harapkan masyarakat juga bisa melihat di dalam Monas maupun di sepanjang jalan yang tadi saya sampaikan Merdeka Barat," kata dia.

Baca Juga: Istana Luncurkan Logo dan Tema HUT ke-78 RI

2. Akan ada istigasah

Rangkaian Agenda Peringatan HUT ke-78, Ada Istigasah-Kirab BudayaSekretaris Kemensetneg, Setya Utama (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Kemensetneg Setya Utama juga mengungkap bakal ada istigasah dan zikir kebangsaan.

"Sebagaimana biasa agenda bulan kemerdekaan di Istana akan diawali dengan zikir dan doa kebangsaan pada tanggal 1 Agustus, dilanjutkan dengan penganugerahan tanda kehormatan pada tanggal 14 Agustus, pengukuhan Paskibraka pada tanggal 15 Agustus. Kemudian pidato Presiden pada sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR/DPD, serta pidato penyampaian RAPBN semuanya pada tanggal 16 Agustus," ucap Setya.

3. Akan ada pagelaran angklung di SUGBK

Rangkaian Agenda Peringatan HUT ke-78, Ada Istigasah-Kirab BudayaPotret Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (IDN Times/Tino).

Setya mengatakan, selain kirab bendera dan seni di Monas, pemerintah juga menggelar pagelaran angkung hingga peragaan busana di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Kami mengajak kepada saudara-saudara semua untuk hadir dan menyaksikan kemeriahan dari kirab tersebut yang mungkin di tahun-tahun sebelumnya tidak diadakan. Tadi dikoordinasi oleh Ketua II yaitu pagelaran angklung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), kemudian peragaan busana 'Istana Berkebaya' dan juga pertunjukan video mapping di Monas," papar Setya.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya