Respons Sandiaga soal Diminta Mundur dari Partai Gerindra

Desakan mundur akibat Sandiaga nyatakan siap jadi capres

Jakarta, IDN Times  - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno buka suara terkait adanya desakan mundur dari Partai Gerindra.Sandiaga yang menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra menanggapi santai.

"Yang sudah saya sampaikan, bahwa sebagai kader Gerindra tentunya saya sangat menghromati dan mengikuti arahan dari Ketua Umum Bapak Jenderal Prabowo," ujar Sandiaga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Sandiaga mengaku sedang fokus menjadi Menparekraf berdasarkan arahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Sebab, Jokowi meminta agar sektir pariwisata bangkit akibat pandemik COVID-19.

"100 persen di bawah arahan Presiden, kami membangkitkan khususnya ekonomi, kita harus turun di masyarakat  dan memberikan solusi," ucap dia.

Baca Juga: Sandiaga Uno Masuk Bursa Capres Musra, Begini Reaksi Gerindra

1. Sandiaga anggap hal biasa ada dinamika politik

Respons Sandiaga soal Diminta Mundur dari Partai GerindraTwitter/@sandiuno

Sandiaga menganggap dinamika politik seperti itu adalah hal yang lumrah. Menurutnya, hal itu sebagai bingkai persahabatan.

"Tentunya apa pun yang terjadi dalam dinamika politik yang sangat dinamis ini, kita bawa dalam satu bingkai persahabatan dan satu kebersamaan, sehingga membangun momentum 8 tahun pemerintahan Bapak Presiden, banyak prestasi yg sudah diraih. Namun, tentunya kita harus bergandengan tangan untuk memastikan kontestasi di 2024 ini menjadi demokrasi yang sejuk, teduh, dan bersahabat," ucap dia.

Desakan mundur untuk Sandiaga karena menyatakan siap maju menjadi calon presiden (capres) 2024. Padahal, Gerindra sudah menentukan capres 2024 dari partainya adalah Prabowo Subianto.

Baca Juga: PPP Riau Dukung Sandiaga Uno Jadi Capres 2024

2. PPP Yogyakarta dukung Sandiaga jadi capres 2024

Respons Sandiaga soal Diminta Mundur dari Partai GerindraIDN Times/Irfan Fathurohman

Sebelumnya, Jajaran pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar pertemuan dan silaturahmi dengan Sandiaga Uno di kawasan Gedongkuning, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul pada Selasa (30/8/2022) malam.

Dalam kesempatan itu, Sandi mengaku siap jika diusung parpol untuk maju ke dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga: Namanya Jadi Radar Capres PPP, Sandiaga: Hak Partai Politik

3. Sandiaga ngaku siap jadi capres

Respons Sandiaga soal Diminta Mundur dari Partai GerindraIDN Times/Irfan Fathurohman

Sandiaga Uno mengatakan, silaturahmi dengan jajaran pengurus DPW PPP DIY ini membahas masa depan Indonesia, terutama berkaitan melanjutkan capaian pembangunan saat ini yang sudah menorehkan sejumlah prestasi.

"Tantangan sudah di depan mata, inflasi dirasakan oleh masyarakat menengah bawah. Kita harus bersinergi untuk memberikan solusi masalah perekonomian 18 bulan ke depan baik, agar ekonomi mampu membuka lapangan pekerjaan, krisis pangan dan energi dapat diatasi," ungkapnya.

Soal lampu hijau dukungan PPP kepada dirinya untuk maju sebagai calon presiden dalam Pilpres 2024, Sandiaga mengatakan pada tahun 2017 (Pilkada DKI), 2019 (Pilpres), rekan-rekan PPP banyak yang berjuang bersama-sama, sehingga pertemuan tersebut menjadi silaturahmi yang memberikan berkah, memperpanjang umur dan melimpahkan rezeki.

"Saya yakin politik 2024 itu brand-nya politik kekeluargaan, politik kebersamaan, Pak Jokowi sudah memberikan contoh pada 2019 dengan konsep bertanding untuk bersanding," tuturnya.

Ditanya terkait kesiapan dirinya untuk maju dalam bursa capres 2024, Sandiaga mengaku sangat siap. Namun, kriteria pasangannya dalam pilpres akan diserahkan kepada partai politik yang akan mengusungnya nanti.

"Siap (maju 2024)," kata Sandi.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya