Salah Desain Jembatan LRT Jabodebek, Jokowi: Kita Evaluasi

Jokowi sebut kesalahan pasti ada

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan mengevaluasi masalah salah desain jembatan rel LRT Jabodebek (longspan) di Kuningan, Jakarta Selatan. Jokowi mengatakan, kesalahan tersebut terjadi karena LRT merupakan proyek pertama di Indonesia.

"Kan saya sampaikan, LRT ini yang pertama kali kita kerjakan. Jadi kalau ada koreksi ada yang perlu dievaluasi ada yang perlu diperbaiki, ya kita perbaiki, jangan senang cari-cari kesalahan," ujar Jokowi di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (3/8/2023).

Baca Juga: Jajal LRT Jabodebek, Jokowi: Saya Merasa Nyaman

1. Semua kontruksi dikerjakan oleh BUMN

Salah Desain Jembatan LRT Jabodebek, Jokowi: Kita EvaluasiDepo LRT Jabodebek di Stasiun Jati Mulya, Bekasi Timur, Jawa Barat. (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Jokowi mengatakan, semua kontruksi LRT Jabodebek dikerjakan oleh BUMN. Menurutnya, bila ada kesalahan akan diperbaiki.

"Karena kesalahan pasti ada, karena baru pertama kali dan ini adalah produksi INKA, konstruksinya juga dikerjakan oleh kita sendiri, semuanya oleh kita sendiri. Jadi kalau ada kurang-kurang ya harus kita maklumi tetapi kita perbaiki," ucap dia.

Baca Juga: Uji Coba LRT Jabodebek Ditunda, Erick Ungkap Penyebabnya

2. Jokowi merasa nyaman saat jajal LRT Jabodebek

Salah Desain Jembatan LRT Jabodebek, Jokowi: Kita EvaluasiPresiden Jokowi saat berbincang santai dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi merasa nyaman saat mencoba LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti Depok, Jawa Barat hingga Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Dalam agenda itu, Jokowi ditemani oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Menteri BUMN, Erick Thohir; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

"Ya, ini kan tadi mencoba dari Harjamukti ke Cawang, terus ini Cawang ke Dukuh Atas, nanti lagi Cawang ke Bekasi, Jati Mulya, saya sudah nyaman, saya rasakan semuanya nyaman," kata dia Jokowi.

3. Jokowi minta uji coba secara berkala

Salah Desain Jembatan LRT Jabodebek, Jokowi: Kita EvaluasiStasiun LRT Jabodebek. (IDN Times/Aryodamar)

Mantan Gubernur DKI Jakarta meminta LRT Jabodebek diuji coba secara berkala sebelum digunakan oleh masyarakat. Sehingga, masyarakat merasa aman dan nyaman.

"Yang paling saya selalu sampaikan, cek terus karena ini masih uji coba, ya berkaitan dengan sistem, yang berkaitan dengan keamanan, keselamatan," ujar dia.

Baca Juga: Duh, Jembatan Rel LRT Jabodebek di Kuningan Ternyata Salah Desain

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya