Comscore Tracker

Survei LPI: Kinerja Kepala BIN Sejajar dengan Panglima TNI

Penilaian itu dalam kategori respons menghadapi tantangan

Jakarta, IDN Times - Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menggelar survei terhadap pandangan kelas menengah intelektual, terhadap kepemimpinan dan kinerja Kabinet Indonesia Maju serta para pimpinan lembaga negara selama 2021.

Dalam survei ini, kinerja Kepala Badan Intelijen Negara (Ka BIN), Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan menempati urutan pertama kategori responsivitas terbaik dalam menanggapi tantangan, dengan skor 2,43 persen. Skor tersebut sejajar dengan kinerja Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Survei dilakukan sejak  25 November hingga 15 Desember 2021. Responden yang terlibat dalam survei ini 400 orang se-Indonesia. Metode yang digunakan dalam survei ini yakni snowball sampling. Margin of error dalam survei sebesar 5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Survei Kedai KOPI: Anies Lebih Baik dari Ganjar soal Penanganan COVID

1. Budi Gunawan unggul dalam kategori menanggapi informasi di segala situasi

Survei LPI: Kinerja Kepala BIN Sejajar dengan Panglima TNIIlustrasi logo Badan Intelijen Negara (BIN) (Dokumentasi BIN)

Sementara, untuk kategori menanggapi informasi di segala situasi, Budi Gunawan unggul dengan skor 2,47 persen. Di posisi kedua ada Menteri Keuangan Sri Mulyani 2,46 persen.

Kemudian, di posisi ketiga ada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa berada di urutan keempat dengan skor 2,45 persen.

"Mayoritas responden menilai, Budi Gunawan merupakan sosok dengan kinerja sangat baik, termasuk dalam konteks penanganan pandemik COVID-19 berikut efek penyertanya," ujar Direktur LPI, Boni Hargens, dalam keterangannya, Selasa (21/12/2021).

Baca Juga: Survei Indopol: Prabowo Capres 2024 Pilihan Millennial dan Gen Z

2. Unggul dalam kategori kompetensi menjalankan tugas

Survei LPI: Kinerja Kepala BIN Sejajar dengan Panglima TNIPanglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan keterangan kepada wartawan usai dilantik menjadi Panglima TNI di area Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/11/2021). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Budi Gunawan juga unggul dalam survei kategori tingkat kompetensi menjalankan tugas. Dia berada di posisi teratas bersama Andika Perkasa, dengan skor 2,39 persen.

Di bawahnya ada Menteri Keuangan Sri Mulyani 2,38 persen dan Kapolri 2,37 persen.

Baca Juga: Survei Kedai KOPI: Anies Lebih Baik dari Ganjar soal Penanganan COVID

3. Panglima TNI unggul dalam mengayomi masyarakat

Survei LPI: Kinerja Kepala BIN Sejajar dengan Panglima TNIPresiden Joko Widodo (kanan) memasangkan tanda pangkat jabatan kepundak Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) seusai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/11/2018). Presiden melantik Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi KSAD menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang akan memasuki masa pensiun. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Sementara, Andika Perkasa unggul dalam kategori mengayomi masyarakat, dengan skor 2,42 persen. Di posisi kedua ada Kapolri 2,41 persen.

Kemudian, urutan ketiga ada Sri Mulyani dan Budi Gunawan dengan skor masing-masing 2,41 persen. Di bawahnya ada Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas 2,39 persen.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya