Tanggapi Isu Munaslub Golkar, Jokowi: Bukan Urusan Saya

Luhut dan Bahlil kode ingin jadi Caketum Golkar

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan tak ada urusan pemerintah dengan internal Partai Golkar. Pernyataan itu menanggapi dinamika Golkar yang sedang diterpa isu adanya musyawarah nasional luar biasa (Munaslub).

"Itu urusan internal Golkar, urusannya internal Golkar. Tidak ada hubungannya dengan kita," ujar Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (27/7/2023).

Baca Juga: Isu Munaslub Golkar, KPU: Perubahan Pengurus Tak Pengaruhi Bacaleg

1. Soal Bahlil dan Luhut yang ingin maju sebagai Ketua Umum Golkar

Tanggapi Isu Munaslub Golkar, Jokowi: Bukan Urusan SayaPresiden Joko (Jokowi) Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi kemudian menjawab soal dua menterinya, yakni Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, yang ingin maju sebagai Ketua Umum Golkar di Munaslub.

"Kalau Pak Luhut, Pak Bahli, ada Pak Bamsoet punya keinginan, itu urusan beliau-beliau, bukan urusan kita," kata dia.

Baca Juga: DPP Golkar Bantah Airlangga Berikan Perintah Bubarkan Diskusi GMPG

2. Bahlil kode siap maju jadi Caketum Golkar

Tanggapi Isu Munaslub Golkar, Jokowi: Bukan Urusan SayaMenteri Investasi Bahlil Lahadalia. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Sebelumnya, Bahlil memberi kode ia siap turun ke gelanggang pencalonan ketua umum Partai Golkar, seandainya digelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada 2023.

Bahlil mengaku prihatin dengan kondisi elektabilitas Partai Golkar yang terus menurun hingga di angka 6 persen. Padahal, pada 2014 hingga 2019, elektabilitas partai beringin masih ada di angka 12 persen. 

"Sebagai kader Golkar, ketika melihat partainya dalam kondisi yang membutuhkan uluran tangan kader yang merasa bertanggung jawab, saya yakin semua akan punya perasaan itu (siap maju jadi ketua umum). Tapi tetap harus melalui mekanisme yang jelas sesuai aturan main organisasi," ujar Bahlil di kediamannya, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu malam (22/7/2023). 

3. Luhut bersedia ikut dicalonkan asal tak harus berkelahi dengan Airlangga

Tanggapi Isu Munaslub Golkar, Jokowi: Bukan Urusan SayaMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Pernyataan serupa juga sudah lebih dulu disampaikan Luhut dalam wawancara khusus dalam program Rosi di Kompas TV. Ia mengakui kondisi internal Golkar sudah gawat, sehingga butuh langkah cepat untuk dibenahi.

Pria yang menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar itu tak menampik ia dikontak Dewan Pakar Partai Golkar. Dia mengaku didorong untuk maju sebagai ketua umum melalui mekanisme Munaslub. Dewan Pakar menilai Airlangga sudah gagal membawa Golkar menjadi parpol yang lebih besar.

"Mereka memang minta saya (menjadi ketua umum). Mereka (Dewan Pakar) bilang 'bapak majulah sebagai ketua umum Partai Golkar'. Saya bilang, saya sudah tidak pada posisi seperti itu, tapi mereka cerita ini dan itu. Akhirnya, saya bilang lagi silakan saja kalian bikin ini, tapi saya gak mau berkelahi," ungkap Luhut pada 20 Juli 2023. 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya