Tembok Stadion di Bengkulu Roboh usai Dihempas Angin Helikopter Jokowi

Helikopter sedang melakukan uji pendaratan

Jakarta, IDN Times - Tembok stadion sepak bola mini yang berada di Kabupaten Kapahiang, Provinsi Bengkulu, roboh usai diterpa angin dari helikopter. Stadion sepak bola mini itu dijadikan landasan mendarat helikopter yang disiapkan membawa Presiden Joko "Jokowi" Widodo ketika berkunjung di Bengkulu.

Dalam video yang beredar, salah satu helikopter hendak mendarat di tengah lapangan. Namun, tembok stadion rupanya tidak kuat menahan kuatnya hempasan angin sebelum helikopter mendarat secara penuh.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Tol Bengkulu-Taba Penanjung Sepanjang 16,7 Kilometer

1. Helikopter sedang melakukan uji pendaratan

Tembok Stadion di Bengkulu Roboh usai Dihempas Angin Helikopter JokowiDeputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan, helikopter itu sedang melakukan uji pendaratan pada Selasa, 18 Juli 2023. Saat itu, Presiden Jokowi tak berada di dalam helikopter itu. 

Presiden Jokowi baru tiba di Bengkulu pada Rabu (19/7/2023).

"Helikopter tersebut sedang melakukan uji pendaratan pada Selasa, 18 Juli 2023, sebagai persiapan jika Bapak Presiden menggunakan helikopter saat kunjungan kerjanya ke Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu," ujar Bey kepada wartawan, Jumat (21/7/2023).

Baca Juga: Respons Anies soal Jokowi Tanya Cawapres ke Surya Paloh

2. Jokowi tak menggunakan helikopter ketika berkunjung ke Kepahiang

Tembok Stadion di Bengkulu Roboh usai Dihempas Angin Helikopter JokowiPresiden Jokowi saat berbincang santai sambil menyantap bakso dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Bey menerangkan, helikopter itu disiapkan untuk membawa Jokowi dari Bengkulu ke Kabupaten Kepahiang. Namun, Jokowi lebih memilih menggunakan jalan darat.

"Namun saat kunjungan ke Kabupaten Kepahiang, Kamis 20 Juli 2023, Bapak Presiden menggunakan jalan darat, tidak menggunakan helikopter," kata dia.

Baca Juga: Tinjau SMKN di Bengkulu, Jokowi Ingin Sekolah dan Industri Terhubung

3. Jokowi perintahkan Menteri PUPR untuk memperbaikinya

Tembok Stadion di Bengkulu Roboh usai Dihempas Angin Helikopter JokowiPresiden Jokowi tinjau kegiatan pembelajaran di SMKN 2 Bengkulu Tengah (dok. Sekretariat Presiden)

Bey menambahkan, Presiden Jokowi juga sudah memerintahkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono untuk memperbaiki tembok yang roboh.

"Terkait robohnya tembok stadion, kemarin, Kamis, 20 Juli 2023, Bapak Presiden telah memerintahkan Menteri PUPR untuk segera melakukan perbaikan, meskipun pendaratan helikopter tersebut sudah sesuai standar berada dalam jarak aman yaitu 50-70 meter dari bangunan terdekat," imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya