Tingkatkan Kesadaran Kedaulatan Negara, ISDS Gelar Lomba Menulis

Total hadiah senilai Rp120 juta

Jakarta, IDN Times - Indonesia Strategic and Defence Studies (ISDS) menggelar lomba menulis dengan tema kedaulatan. Lomba ini bisa diikuti semua pihak.

Co-founder ISDS, Dwi Sasongko, menjelaskan konflik di Laut China Selatan yang menjadi ancaman bagi kedaulatan Indonesia, menjadi dasar digelarnya lomba menulis ini. Sebab, China telah mengklaim sembilan garis putus-putus (Nine Dash Line) masuk dalam wilayahnya.

"Kami mengadakan lomba ini untuk mengajak masyarakat, khususnya peserta lomba menulis bisa ikut meningkatkan kesadaran tentang ancaman kedaulatan di wilayah NKRI. Karena ancaman itu ada dan nyata," ujar Dwi dalam keterangannya, Senin (4/3/2024).

Baca Juga: Ini Syarat Indonesia Capai Kedaulatan Kesehatan dalam 10 Tahun! 

1. Hasil tulisan diharapkan bisa menjadi rujukan pemangku kebijakan

Tingkatkan Kesadaran Kedaulatan Negara, ISDS Gelar Lomba MenulisIlustrasi dasar hukum (IDN Times/Arief Rahmat)

Dwi mengatakan, hasil tulisan yang dilombakan diharapkan bisa menjadi rujukan bagi pemangku kebijakan dalam menjaga kedaulatan negara.

Salah seorang juri, Letnan Jenderal TNI (Purn) Agus Widjojo, menyampaikan dinamika geopolitik di Asia Tenggara saat ini berputar pada perebutan pengaruh antara Amerika Serikat dan China.

“Kita harus paham geopolitik, supaya kita bisa tahu bagaimana memenangkan kompetisi antar-bangsa, juga bekerja sama dengan bangsa-bangsa lain,” ujar Agus.

Baca Juga: Malaysia Ingin Pertahankan Kedaulatan di Laut China Selatan

2. Ada tiga kategori peserta lomba

Tingkatkan Kesadaran Kedaulatan Negara, ISDS Gelar Lomba Menulis- Indonesia Strategic and Defence Studies (ISDS) menggelar lomba menulis dengan tema kedaulatan (IDN Times/Istimewa)

Ada tiga kategori dalam lomba menulis bertema kedaulatan ini. Pertama, kategori masyarakat, termasuk TNI, Polri, dan ASN.

Kategori kedua akademisi, yang mencakup mahasiswa, guru, dan dosen. Kemudian, kategori terakhir adalah wartawan.

3. Berhadiah senilai Rp120 juta

Tingkatkan Kesadaran Kedaulatan Negara, ISDS Gelar Lomba MenulisIlustrasi mata uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Bagi Anda yang berminat mengikuti lomba ini, bisa mengakses laman https://www.isds.co.id/lomba. Artikel tulisan bisa diinput ke laman ttps://bit.ly/LombaISDS dimulai pada 4 Maret hingga 31 Mei 2024 pukul 23.59 WIB.

"Untuk lebih jelasnya, bisa diklik di laman resmi ISDS. Total hadiah yang disediakan bagi pemenang sebanyak ratusan juta rupiah dari tiga kategori," ucap Dwi.

Lomba menulis ini berhadiah total senilai Rp120 juta untuk 18 pemenang. Selain uang, ada hadiah berupa Macbook Air, Ipad, hingga handphone.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya