Usai Tak Jadi Presiden, Jokowi: Kembali ke Solo, Jadi Rakyat Biasa

Jokowi ingin aktif di bidang lingkungan hidup

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyampaikan rencananya usai tak lagi menjabat sebagai Presiden Indonesia. Dia mengaku akan kembali ke Solo sebagai orang biasa.

"Saya akan kembali ke kota saya, Solo sebagai rakyat biasa," ujar Jokowi dalam wawancara dengan The Economist yang disiarkan di kanal YouTube seperti dikuitp IDN Times, Minggu (13/11/2022).

 

1. Jokowi harap ada perubahan untuk Indonesia

Usai Tak Jadi Presiden, Jokowi: Kembali ke Solo, Jadi Rakyat BiasaPresiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam kesempatan itu, Jokowi berharap Indonesia menjadi negara yang maju. Dia mengaku, selama dua periode menjadi Presiden RI, berusaha mengubah pola pikir warga menjadi lebih baik.

"Ya kita berharap itu ada perubahan mindset, ada perubahan cara kerja baru. Sehingga betul-betul negara ini akan bisa melompat untuk maju ke depan," ujar dia.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Figur Ideal Jadi Presiden 2024, Projo: Biar Gak Jomplang

2. Jokowi yakin SDM Indonesia bisa lebih baik

Usai Tak Jadi Presiden, Jokowi: Kembali ke Solo, Jadi Rakyat BiasaPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas pada Rabu (4/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meyakini, sumber daya manusia (SDM) Indonesia juga dapat lebih baik.

Menurutnya, apabila hal itu bisa tercapai, masyarakat bisa mengelola kekayaan sumber daya alam dengan baik.

"Karena dengan perubahan mindset, dengan perubahan cara kerja baru, saya meyakini dengan kekuatan sumber daya alam, kekuatan sumber daya manusia, kekuatan pasar yang besar, kita akan bisa melompat ke negara maju," kata dia.

3. Jokowi mengaku akan aktif di bidang lingkungan hidup

Usai Tak Jadi Presiden, Jokowi: Kembali ke Solo, Jadi Rakyat BiasaJokowi beri sambutan di Puncak Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 pada Rabu (28/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi mengatakan, usai tak lagi menjabat presiden akan aktif di bidang lingkungan hidup.

"Saya akan aktif di bidang lingkungan hidup," imbuhnya.

Baca Juga: ProJo Siap Dukung Prabowo Sebagai Capres, Asal Itu Arahan dari Jokowi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya