Comscore Tracker

Yandri Susanto Dilantik Jadi Wakil Ketua MPR Gantikan Zulkifli Hasan

Pelantikan dipimpin langsung oleh Bamsoet

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Amanat (PAN), Yandri Susanto, dilantik menjadi Wakil Ketua MPR RI menggantikan Zulkifli Hasan yang mengundurkan diri untuk menempati jabatan sebagai Menteri Perdagangan.

Pelantikan itu dipimpin langsung oleh Ketua MPR, Bambang Seosatyo, di Gedung MPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/6/2022). 

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Ketua MPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, bahwa saya akan memegang teguh Pancasila dan menegakkan UUD NKRI 1945 serta peraturan perundang-undangan, bahwa saya akan menegakkan kehidupan demokrasi serta berbakti kepada bangsa dan negara, bangsa dan negara, bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudukan tujuan nasional demi kepentingan bangsa Kesatuan Republik Indonesia," ujar Yandri saat mengucapkan sumpah jabatan.

Selain itu, ada juga empat anggota MPR dengan mekanisme penggantian antarwaktu, yakni Riswan Toni DK dari Fraksi Golkar, Bahtra dari Fraksi Gerindra, Difriadi dari Fraksi Gerindra, dan Ravindra Airlangga dari Fraksi Golkar.

Baca Juga: DPP PAN Tunjuk Yandri Susanto Jadi Wakil Ketua MPR Pengganti Zulhas 

1. DPP PAN tunjuk Yandri Susanto jadi Wakil Ketua MPR

Yandri Susanto Dilantik Jadi Wakil Ketua MPR Gantikan Zulkifli HasanPolitikus PAN Yandri Susanto dilantik jadi Wakil Ketua MPR RI (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, DPP PAN akhirnya memutuskan menunjuk Yandri Susanto sebagai Wakil Ketua MPR. Hal ini merupakan tindak lanjut usai Zulkifli Hasan ditunjuk oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi Menteri Perdagangan pada 15 Juni 2022 lalu. 

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengaku sudah menginstruksikan Fraksi PAN di MPR agar segera menyerahkan Surat Keputusan (SK) pergantian Zulkifli kepada Ketua MPR Bambang Soesatyo. Menurutnya, posisi sebagai Wakil Ketua MPR harus segera terisi agar bisa langsung menjalankan tugas dan fungsinya. 

"Sudah diputuskan bahwa Saudara Yandri Susanto menjadi Wakil Ketua MPR RI. Karena itu kami telah instruksikan Fraksi PAN MPR untuk menyerahkan SK kepada Ketua MPR RI," ujar Eddy melalui keterangan tertulis, Selasa (28/6/2022). 

Eddy pun mengucapkan selamat kepada Yandri karena dipercaya menjadi Wakil Ketua MPR. Ia pun berharap Yandri bisa sukses dan amanah ketika menjalankan tugas sebagai Wakil Ketua MPR. 

"DPP PAN mengucapkan selamat kepada Saudaraku Yandri Susanto, semoga sukses dan amanah dalam menjalankan tugas-tugas kebangsaan sebagai Wakil Ketua MPR RI," tutur dia. 

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Wakil Ketua MPR, Yandri Susanto Bakal Dilantik 30 Juni

2. Yandri sampaikan terima kasih

Yandri Susanto Dilantik Jadi Wakil Ketua MPR Gantikan Zulkifli HasanYandri Susanto (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sementara, ketika dikonfirmasi oleh media, Yandri mengucapkan terima kasih kepada Zulkifli Hasan selaku Ketua Umum PAN yang telah memberikan kepercayaan dan menunjuknya menjadi Wakil Ketua MPR RI. Ia mengatakan, surat dari Fraksi PAN sudah dikirim ke MPR.

"Terakhir, saya barusan telepon dengan Pak Ketua MPR, Pak Bambang Soesatyo. Suratnya sudah masuk dan sekarang sedang diproses untuk proses pelantikan," ungkap Yandri di kompleks parlemen Senayan pada hari ini. 

Ia mengaku telah diinformasikan bahwa pelantikan dirinya menjadi Wakil Ketua MPR bakal digelar pada Kamis, 30 Juni 2022 pukul 13:00 WIB. "Info terakhir yang saya dapatkan dari DPR, pelantikannya siang. Jadi, bersamaan dengan beberapa PAW (Pengganti Antar Waktu) MPR," kata dia. 

Sehingga, ia memprediksi tak akan dilantik seorang diri. "Kan kemarin ketika pelantikan anggota DPR, sekaligus pelantikan anggota MPR," ujarnya lagi. 

3. Dapat pesan khusus dari Zulhas

Yandri Susanto Dilantik Jadi Wakil Ketua MPR Gantikan Zulkifli HasanKetua Umum PAN Zulkifli Hasan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Yandri pun mengakui mendapat sejumlah pesan dari sang Ketua Umum, Zulkifli Hasan. Apalagi pria yang akrab disapa Zulhas itu sudah malang melintang menjadi Ketua MPR selama lima tahun. Lalu, disusul menjadi Wakil Ketua MPR selama 2,5 tahun. 

"Tentu Beliau menjadi guru saya selama ini. Saya akan banyak meneruskan atau minimal mendekati cara Beliau untuk menjadi pimpinan MPR. Di samping itu, tentu saya juga siap untuk bekerja dengan pimpinan MPR yang lain," ujar Yandri. 

Ia menjelaskan, masing-masing tupoksi Wakil Ketua MPR sudah jelas. Sehingga, Yandri mengaku bakal tetap berada di koridor yang menjadi tupoksinya saja. 

Ia turut mengatakan, secara otomatis akan pindah rumah dinas. Meski, kata Yandri, ia tak terlalu memusingkan fasilitas yang melekat sebagai anggota parlemen itu. 

"Saya ikut saja lah. Apa yang melekat ketika saya menjadi Wakil Ketua MPR, kalau memang itu fasilitasnya ya saya ikut saja. Insyaallah akan saya pergunakan sebaik-baiknya," tutur dia lagi.

Baca Juga: Wakil Ketua DPR: Inovasi Terawan Seharusnya Diapresiasi Bukan Disanksi

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya