Dicegat Polisi, Para Pelajar Sekitar Jakarta Gagal Ikut Demo DPR

Mereka diamankan saat akan naik kereta

Tangerang Selatan, IDN Times -  Para pelajar di Tangerang Selatan (Tangsel) gagal ikut aksi di gedung DPR-MPR hari ini, Senin (30/9). Mereka dicegat polisi saat akan berangkat ke Jakarta melalui kereta rel listrik di stasiun Rawa Buntu, Serpong, Tangsel.

Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, para siswa-siswi tersebut tak hanya berasal dari Tangsel tapi juga pelajar asal Kabupaten Bogor.  Kapolsek Serpong Kompol Luckyto di lokasi mengatakan seratusan siswa-siswi telah dicegah ikut aksi unjuk rasa hari ini. 

"Ada seratusan pelajar telah kami cegah berangkat ke Jakarta untuk ikut aksi demo menggunakan jalur kereta api. Mereka sebagian berasal dari Rumpin, Bogor. Kami meminta kepada pelajar untuk kembali ke sekolah," kata Luckyto.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tangsel, AKP Muharram Wibisono mengatakan, pihak kepolisian menginginkan para pelajar di Tangsel agar tidak mengikuti aksi unjuk rasa hari ini.

Karena pencegahan dan himbauan tersebut menyusul adanya surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 9 tahun 2019 tentang pencegahan keterlibatan peserta didik dalam aksi unjuk rasa yang berpotensi kekerasan.

"Ya kita menghimbau agar para pelajar melakukan kegiatan belajar mengajar seperti biasanya," kata Muharram.

Ikuti terus perkembangan terkini seputar aksi demo hari ini hanya di IDN Times.

https://www.youtube.com/embed/OxweoFv_vW0

Baca Juga: Massa Aksi di Gedung DPR Terus Bertambah, Demonstran Mulai Masuki Tol

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya