PDIP Tak Beri Perlakuan Khusus Pada Gibran yang Ingin Ikut Pilkada 

Gibran telah menemui Ketua Umum Megawati

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengatakan, tidak ada perlakuan khusus kepada calon kepala daerah yang maju lewat PDIP.

Termasuk jika putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, yang berniat maju di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo 2020.

Baca Juga: Gibran Rakabuming, Putra Sulung Jokowi yang Juga Pengusaha Sukses

1. PDIP takkan bedakan Gibran dengan calon lain dalam penjaringan calon kepala daerah

PDIP Tak Beri Perlakuan Khusus Pada Gibran yang Ingin Ikut Pilkada ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Hasto mengatakan, PDIP sudah memiliki mekanisme sendiri dalam penjaringan bakal calon kepala daerah yang akan diusungnya. Termasuk di dalamnya adalah prinsip kesetaraan.

"Kami kan sudah punya mekanisme kelembagaan dalam mempersiapkan pemimpin, semua mengikuti hal yang sama karena prinsip kesetaraan inilah yang dipakai oleh PDI Perjuangan (PDIP)," kata Hasto Kristiyanto usai mendampingi Gibran Rakabuming Raka bertemu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, di Jakarta, Kamis (24/10).

2. Semua orang yang ingin diusung PDIP harus ikuti mekanisme partai

PDIP Tak Beri Perlakuan Khusus Pada Gibran yang Ingin Ikut Pilkada IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Hasto menerangkan, bagi yang ingin diusung maju di pilkada melalui PDIP harus mendaftarkan diri lewat dewan pimpinan cabang (DPC) untuk tingkat kota dan kabupaten, dewan pimpinan daerah (DPD) untuk tingkat provinsi atau dewan pimpinan pusat (DPP) untuk langsung ke pusat.

"Setelah itu ada pemetaan politik, ada usulan dari daerah, hasil psikotes, ini juga berlaku buat semua, termasuk sekiranya Mas Gibran nantinya mendaftar juga mengikuti tahapan-tahapan tersebut," terang Hasto seperti dikutip dari Antara.

Kemudian, lanjutnya, DPP PDIP akan mengkaji hasil survei terhadap sosok calon, begitu juga soal komitmen calon terhadap kerakyatan, kebangsaan untuk kemajuan Indonesia.

"Dari situ akan diputuskan pertimbangan-pertimbangan, Ibu Mega yang akan memutuskan," tuturnya.

3. Bertemu Megawati, Gibran sampaikan keseriusan ikut Pilwalkot Solo

PDIP Tak Beri Perlakuan Khusus Pada Gibran yang Ingin Ikut Pilkada IDN Times / Larasati Rey

Sebelumnya diberitakan, putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Gibran Rakabuming Raka, menemui Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Kamis.

Pertemuannya dengan Megawati untuk menyampaikan keinginannya maju pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo 2020.

"Saya berkesempatan untuk silaturahmi dengan Bu Mega, jadi 'kan kalau di Solo saya sudah mengambil KTA (Kartu Tanda Anggota) PDIP, sudah sewajarnya saya silaturahmi dengan senior petinggi PDIP," kata Gibran usai bertemu Megawati.

4. Gibran pastikan tidak maju lewat jalur independen

PDIP Tak Beri Perlakuan Khusus Pada Gibran yang Ingin Ikut Pilkada IDN Times / Irfan Fathurohman

Dalam pertemuan itu, Gibran yang datang sendiri menggunakan mobil Kijang Innova dengan nomor polisi B-1204-RFQ mengatakan, banyak hal yang ia bicarakan dengan Megawati. Salah satunya adalah niat seriusnya untuk ikut Pilwalkot Solo 2020.

Gibran juga mengklarifikasi terkait informasi yang beredar bahwa dia akan maju pilkada lewat jalur independen.

"Saya sudah punya KTA PDIP, saya sampaikan juga kepada Bu Mega bahwa saya tidak akan maju lewat jalur independen, seperti yang dikatakan di Solo kemarin," kata Gibran.

Baca Juga: Serius Ikut Pilwalkot Solo, Gibran Putra Jokowi Datangi Megawati 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya