Comscore Tracker

Sebelum Bubar, Mahasiswa dan Buruh Suarakan 7 Tuntutan untuk Jokowi

Apa saja tuntutan mereka?

Jakarta, IDN Times - Ratusan demonstran yang terdiri dari gabungan mahasiswa, buruh, dan jurnalis yang menggelar demonstrasi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (28/10) akhirnya membubarkan diri pada pukul 19.00 WIB.  

Sebelum membubarkan diri mulai pukul 18.00 WIB, massa menyampaikan tujuh tuntutan kepada pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Di antaranya mendesak Presiden agar mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002, tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK).

Baca Juga: Bawa Senpi Saat Demo di Kendari, 6 Polisi Ditunda Naik Pangkat

1. Demonstran menyampaikan tujuh tuntutan mereka

Sebelum Bubar, Mahasiswa dan Buruh Suarakan 7 Tuntutan untuk JokowiIDN Times/Muhammad Iqbal

Sebelum membubarkan diri, demonstran menyampaikan tujuh tuntutan kepada Pemerintahan Jokowi. 

Berikut ketujuh tuntutan mereka:

1. Menolak revisi sejumlah undang-undang:
a. Cabut dan kaji ulang RKUHP, RUU Pertambangan Minerba, RUU Pertanahan, RUU Pemasyarakatan, RUU Ketenagakerjaan, UU SDA.
b. Terbitkan Perppu KPK
c. Sahkan RUU PKS dan PRT
2. Batalkan Pimpinan KPK bermasalah pimpinan DPR
3. Tolak TNI dan Polri menempati jabatan sipil
4. Stop militerisme di Papua dan daerah lain, bebaskan tahanan politik Papua segera, membuka akses jurnalis di tanah Papua
5. Hentikan kriminalisasi aktivis dan jurnalis
6. Hentikan pembakaran hutan di Indonesia yang dilakukan oleh korporasi dan pidana korporasi pembakaran hutan serta cabut izinnya
7. Tuntaskan pelanggaran HAM dan adili pejabat yang tersangkut kasus HAM, termasuk yang duduk di lingkungan kekuasaan, pulihkan hak-hak korban segera.

2. Ada mahasiswa bertahan di Patung Kuda, tapi mereka memastikan tak ada temannya yang tertinggal

Sebelum Bubar, Mahasiswa dan Buruh Suarakan 7 Tuntutan untuk JokowiIDN Times/Muhammad Iqbal

Meski demonstran yang terdiri dari Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Bergerak (Ampera), Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta sudah membubarkan diri sejak pukul 18.00 WIB, sebagian demonstran masih ada yang bertahan di Patung Kuda hingga pukul 19.00 WIB.

Kendati, menurut pengakuan mahasiswa sebelum pulang, mereka mencari rekan-rekan satu almamaternya dan memastikan tidak ada yang tertinggal atau pun terpencar. 

3. Massa membubarkan diri, lalu lintas kembali berjalan normal

Sebelum Bubar, Mahasiswa dan Buruh Suarakan 7 Tuntutan untuk JokowiIDN Times/Muhammad Iqbal

Pantauan IDN Times di sekitar patung Arjuna Wiwaha, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, dua ruas Jalan Merdeka Barat sekitar pukul 18.45 sudah mulai dibuka dan bisa dilalui kendaraan.

Dua ruas jalan tersebut sebelumnya ditutup polisi untuk memblokade massa dari Jalan MH Thamrin menuju Patung Kuda. Mereka hendak ke Istana, namun tertahan kawat berduri.

Baca Juga: Tuntut Perppu, Mahasiswa dan Buruh Gelar Aksi Lagi di Patung Kuda

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You