Comscore Tracker

Catat Rekor Pembagian Alquran, Kementerian BUMN Diganjar Piagam MURI

Penyaluran 34 ribu Alquran seluruh Indonesia

Palembang, IDN Times - Kementerian BUMN melalui program Safari Ramahan melakukan penyerahan CSR sekaligus pemecahan rekor MURI dalam pembagian Alquran terbanyak secara serentak.

Piagam pemecahan rekor MURI itu langsung diserahkan oleh manajer Museum Rekor Indonesia (MURI), Ridho Al Amin, kepada Menteri BUMN, Rini Soemarno, dalam kunjungan ke pesantren Sultan Mahmud Badaruddin (SMB), di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (25/5).

1. MURI serahkan piagam penghargaan

Catat Rekor Pembagian Alquran, Kementerian BUMN Diganjar Piagam MURIIDN Times/Rangga Erfizal

Menurut Ridho, sumbangan 34.000 Alquran oleh Kementerian BUMN serentak di seluruh Indonesia sudah diverifikasi oleh pihak MURI.

"Ini sudah direncanakan Kementerian BUMN sejak lama. Kami sudah mengecek kebenarannya bahwa ada 34 ribu Alquran yang didistribusikan ke seluruh Indonesia. Setiap provinsinya mendapat seribu Alquran," ungkap Ridho.

Lanjutnya, pembagian Alruran selama ini memang sering terjadi namun untuk skala besar di 34 titik provinsi baru pertama dilakukan.

"Biasanya memang ada pembagian Alquran namun hanya di titik dan per wilayah. Sedangkan Kementerian BUMN melakukannya secara serentak," ujar dia.

Baca Juga: Menteri Rini dan Jasa Raharja Cek Data Calon Peserta BUMN Mudik Bareng

2. Bagian dari Safari Ramadan Kementerian BUMN

Catat Rekor Pembagian Alquran, Kementerian BUMN Diganjar Piagam MURIIDN Times/Rangga Erfizal

Menteri BUMN, Rini Soemarno, mengaku jika penyaluran Alquran dari kementerian BUMN merupakan bagian program Safari Ramadan yang sudah dilakukan oleh Kementerian dalam 4 tahun terakhir.

"Safari Ramadan rutin digelar setiap tahunnya di seluruh daerah di Tanah Air yang bertujuan membangun negeri. Pemberian Alquran ini melihat masih banyaknya wilayah yang membutuhkan kitab suci tersebut," beber dia.

Lanjut Rini, acara Safari Ramadan selalu digunakan untuk sinergi antar-BUMN di setiap provinsi sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian.

"Tujuan utama kita sebenarnya adalah bagaimana BUMN bisa melakukan fungsinya untuk mengoperasikan perusahaan, ini juga sebagai bentuk kepedulian dan membantu," jelas dia.

3. Serahkan bantuan ke pesantren

Catat Rekor Pembagian Alquran, Kementerian BUMN Diganjar Piagam MURIIDN Times/Rangga Erfizal

Ada pun kegiatan di Palembang, Rini  menyambangi pesantren Sultan Mahmud Badaruddin untuk menyapa para murid pesantren dan menyalurkan bantuan untuk pembangunan serta renovasi pra-sarana.

"Program kita di Safari Ramadan ada di 21 titik, di antaranya 9 ponpes, 7 panti asuhan, juga 1 aksi peduli difabel. Termasuk ada program memberikan berbagai santunan, pembangunan dan renovasi sarana pra-sarana, seperti pesantren, panti asuhan dan bantuan bagi difabel," tutupnya.

Baca Juga: Menteri BUMN Pastikan Tol Lampung-Palembang Beroperasi Lebaran Ini 

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You