Comscore Tracker

Sudah Dua Pekan Lebih Isolasi, Gubernur Aceh Masih Positif COVID-19

Gubernur Aceh sudah divaksin tapi masih tertular COVID-19

Banda Aceh, IDN Times - Gubernur Aceh Nova Iriansyah dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 usai menjalani pemeriksaan atau tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR), pada Senin (31/5/2021) lalu. Sejak saat itu, orang nomor satu di Provinsi Aceh ini pun melakukan isolasi mandiri.

Nova diketahui sudah menerima vaksinasi COVID-19 sebanyak dua kali di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin, Banda Aceh. Penyuntikan vaksin dosis pertama dilakukan Jumat (15/1/2021). Sementara, penyuntikan vaksin dosis kedua dilakukan 14 hari berselang, yaitu Jumat (29/1/2021).

Lalu bagaimana kondisi terkini Nova Iriansyah setelah lebih dari dua pekan menjalani isolasi mandiri?

1. Isolasi selama 14 hari, hasil swab gubernur masih positif

Sudah Dua Pekan Lebih Isolasi, Gubernur Aceh Masih Positif COVID-19Gubernur Aceh, Nova Iriansyah jalani penyuntikan Vaksin Covid-19 tahap dua (IDN Times/Muhammad Saifullah)

14 hari melakukan isolasi setelah dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah kembali melakukan swab PCR, pada Senin (14/6/2021) lalu.

Hasilnya, menurut Juru Bicara Pemerintah Provinsi Aceh Muhammad MTA, gubernur masih positif COVID-19 sehingga disarankan untuk melanjutkan isolasi mandiri sampai hasil swab menunjukkan negatif.

"Hasil swab kemarin, Pak Gub masih positif dan tim medis menyarankan untuk melakukan isolasi mandiri mungkin lusa akan kembali dilakukan swab untuk melihat kondisi Pak Gub. Mudah-mudahan hasilnya negatif dan kembali normal," kata Muhammad MTA.

Baca Juga: Polda Aceh Periksa Kadinkes Aceh Besar Terkait Dana COVID-19

2. Gubernur tetap menjalankan roda pemerintahan secara daring

Sudah Dua Pekan Lebih Isolasi, Gubernur Aceh Masih Positif COVID-19Gubernur Aceh, Nova Iriansyah (IDN Times/Istimewa)

Muhammad MTA menyampaikan, selama menjalani isolasi mandiri, gubernur tetap bekerja menjalani tugasnya. Akan tetapi dilakukan secara daring.

"Terkait roda pemerintahan, Alhamdulillah tetap berjalan baik dan pak gub masih memimpin rapat walaupun secara daring," ujarnya.

3. Orang di sekitar gubernur negatif COVID-19

Sudah Dua Pekan Lebih Isolasi, Gubernur Aceh Masih Positif COVID-19Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, saat berjumpa dengan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah (IDN Times/Humas Pemprov Aceh)

Meski gubernur Aceh terkonfirmasi positif COVID-19, namun keluarga serta orang-orang yang bekerja langsung dengannya disebut tidak terpapar.

"Termasuk pengawal dan keluarga, Alhamdulillah aman dan negatif. Mereka masih melakukan kegiatan kedinasan walaupun tidak melakukan hubungan langsung dengan gubernur. Jadi mereka tetap dekat dengan gubernur di kediaman gubernur," akui Muhammad MTA.

4. Perpanjangan isolasi mandiri bukan mengelak panggilan KPK

Sudah Dua Pekan Lebih Isolasi, Gubernur Aceh Masih Positif COVID-19Gedung KPK (IDN Times/Aryodamar)

Beberapa waktu lalu penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil sejumlah pejabat Pemerintah Aceh untuk dilakukan penyelidikan. Adapun kasus yang diselidiki yakni terkait pengerjaan proyek Kapal Aceh Hebat.

Perpanjangan isolasi mandiri gubernur Aceh, dikatakan juru bicara Pemerintah Provinsi Aceh bukanlah mengelak dari panggilan KPK. Menurut Muhammad MTA, Nova Iriansyah justru tidak mendapatkan panggilan dari penyidik KPK.

"Kami belum mendapatkan panggilan pak gub dengan KPK," ucap Muhammad MTA.

"Yang kami ketahui adalah pemanggilan KPK terkait beberapa kasus terutama masalah Kapal Aceh Hebat itu ada beberapa pejabat yang sudah dipanggil. Adalah Setda dan kepala Dinas Perhubungan," imbuhnya.

Baca Juga: Mantan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah Positif COVID-19

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya