Penyelidikan Pembobolan Alfamart Madiun Terkendala Saksi

CCTV juga dirusak oleh pelaku

Madiun, IDN Times - Kapolres Madiun AKBP Jury Leonard Siahaan menyatakan kendala dalam penyelidikan kasus pencurian di dua Alfamart pada Rabu dan Kamis kemarin. Hingga kini, anggota Satuan Reserse Kriminal belum menemukan rekaman video yang dapat dijadikan petunjuk untuk menangkap pelaku. "CCTV dicabut oleh pelaku. CCTV di server diharapkan dapat membantu untuk mengetahui jumlah pelaku," kata dia, Jumat (29/10/2021).

1. Aksi pelaku diperkirakan beraksi antara pukul 02.00 hingga 04.00

Penyelidikan Pembobolan Alfamart Madiun Terkendala SaksiIlustrasi Maling (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain itu, belum ditemukannya saksi kunci juga menjadi kendala penyelidikan. Sebab, dua toko swalayan di tepi jalur Madiun - Nganjuk itu telah tutup pada pukul 20.00. Dengan demikian, pihak Alfamart tidak ada yang melihat aksi pelaku lantaran toko dalam keadaan kosong. "Jam operasi (pencurian) kami perkirakan antara pukul 02.00 sampai 04.00," ujar Jury kepada sejumlah wartawan.

Baca Juga: Lagi, Alfamart di Kabupaten Madiun Dibobol Maling

2. Pelaku pencurian di dua toko diperkirakan masih satu kelompok

Penyelidikan Pembobolan Alfamart Madiun Terkendala SaksiOlah TKP di Alfamart yang dibobol maling.Dok.IDN Times/Ist

Selama kurun waktu sekitar dua jam, pelaku yang diduga lebih dari satu orang telah menggasak uang tunai dari brankas. Sejumlah barang dagangan, seperti rokok dan susu juga disikat. Akibat kejadian itu pihak Alfamart mengalami kerugian material yang ditaksir mencapai Rp72 juta.

Untuk mengambil uang dan barang, kawanan pelaku diperkirakan merusak tembok pada bagian belakang toko. Dari lubang yang dibuat, pencuri masuk dan melancarkan aksinya. "Besar kemungkinan seperti itu (kawanan pelaku masih satu kelompok)," Jury menuturkan.

3. Ciri pembobolan serupa

Penyelidikan Pembobolan Alfamart Madiun Terkendala SaksiAlfamart di Madiun yang dibobol maling. Dok.IDN Times/Ist

Prediksi itu, ia melanjutkan, berdasarkan cara pelaku untuk masuk toko yang sama - sama menjebol tembok terlebih dulu. Kemudian, merusak brankas dan menguras uang di dalamnya. Barang yang dicuri dari dua toko juga sama, salah satunya rokok. "Dua Alfamart (yang menjadi sasaran pencurian) juga satu jalur (Madiun - Nganjuk di wilayah Desa Klitik, Wonoasri dan Desa Garon, Balerejo)," ucap kapolres.

Baca Juga: Alfamart di Kabupaten Madiun Dibobol Maling

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya