Petani Pejuang Papera Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Papera yakin Prabowo Subianto majukan sektor pertanian

Jakarta, IDN Times - Gabungan kelompok tani yang tergabung dalam Petani Pejuang Papera mendeklarasikan dukungannya kepada Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang.

"Papera akan terus mengembangkan sayap gerakan ke grass roots (akar rumput) untuk membangun jaringan-jaringan seperti petani, mahasiswa, dan nelayan," ujar Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Papera, Don Muzakir dilansir dari ANTARA, Sabtu (19/8/2023).

1. Papera berupaya menjangkau seluruh elemen masyarakat

Petani Pejuang Papera Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kedua dari kiri) berkunjung ke Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur pada 4 Mei 2022 (Dokumentasi Gerindra)

Menurut Don Muzakir, jaringan tersebut dapat memperkuat keberadaan Petani Pejuang Papera sebagai salah satu satu organisasi sayap Partai Gerindra yang berupaya menjangkau seluruh elemen masyarakat.

"Petani Pejuang Papera Kabupaten Pemalang secara sah menjadi bagian dari Papera," kata Don Muzakir.

Don Muzakir menjelaskan, pada Jumat (18/8/2023) telah digelar pertemuan dengan kelompok petani dari Desa Pener, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Dalam pertemuan tersebut, mereka menyatakan dukungan untuk Prabowo.

Baca Juga: Menteri Berprestasi, Duet Prabowo-Erick Thohir Potensial pada 2024

2. Papera yakin Prabowo mampu majukan sektor pertanian dan tingkatkan kesejahteraan petani

Petani Pejuang Papera Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024Ilustrasi petani cabai.IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Dia berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Petani Pejuang Papera. Keputusan mendukung Prabowo ini diakui sebagai bentuk dukungan terhadap pemimpin yang dipandang mampu memajukan sektor pertanian dan memperjuangkan kesejahteraan petani.

Don Muzakir mengatakan, deklarasi tersebut penting bagi Papera untuk menggerakkan perubahan positif, khususnya di bidang pertanian. Dia menilai kelompok tersebut menunjukkan partisipasi aktif dalam proses politik nasional.

"Dukungan yang diberikan kepada Prabowo Subianto oleh para petani ini mencerminkan semangat kolaboratif dalam menciptakan masa depan yang lebih baik bagi sektor pertanian dan masyarakat luas," sambungnya.

Petani Pejuang Papera merupakan sebuah koalisi yang terdiri dari berbagai kelompok petani. Tersebar di berbagai desa dan kelurahan, serta diyakini berperan menginisiasi perubahan positif di dalam sektor pertanian melalui kerja sama kolaboratif.

3. Pendaftaran capres sebentar lagi, dibuka pada 19 Oktober 2023

Petani Pejuang Papera Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024https://www.idntimes.com/news/indonesia/muhammad-ilman-nafian-2/survei-smrc-anies-keok-bila-prabowo-dan-ganjar-maju-jadi-capres

Berdasarkan aturan yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Dapat juga, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Baca Juga: Puan Yakin Jokowi Tak Ikut Campur soal 'Koalisi Gemuk' Prabowo

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya