Menko PMK Minta Pembangunan Masjid di Lahan SDN Pondok Cina 1 Ditunda

Menko PMK akan berbicara dengan Gubernur Jawa Barat

Jakarta, IDN Times – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan, pembangunan masjid di lahan SDN Pondok Cina 1, Depok agar ditunda terlebih dahulu.

Atas permintaan itu, pihaknya pun akan membicarakannya dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, khususnya terkait dengan anggaran pembangunan masjid.

“Pembangunan masjidnya ditunda dulu, nanti saya bicara dengan Pak Gubernur, Ridwan Kamil, agar uang anggarannya tidak hangus,” ujar Muhadjir dalam rapat pembahasan polemik SDN 1 Pondok Cina, dikutip dari siaran pers, Kamis (15/12/2022).

Menko menambahkan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Depok agar menyiapkan lahan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) untuk para murid di SDN Pondok Cina 1. Para siswa juga masih diperbolehkan untuk menggelar kegiatan belajar mengajar seperti biasa di ruang kelas SDN Pondok Cina 1.

Baca Juga: Upaya Kemendikbud Tangani Penggusuran SDN Pondok Cina 1

1. Penghapusan status BMD SDN Pondok Cina 1

Menko PMK Minta Pembangunan Masjid di Lahan SDN Pondok Cina 1 DitundaSuasana terkini Sekolah Dasar Negeri Pondok Cina (SDN Pocin) 1 Depok (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Adapun status lahan yang ditempati oleh SDN Pondok Cina 1 merupakan Bangunan Milik Daerah (BMD). Pada 2015, Wali Kota Depok telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang persetujuan penghapusan BMD Pemkot berupa bangunan sekolah SDN Pondok Cina 1.

Namun saat ini, di atas lahan itu Pemkot Depok berencana akan membangun Masjid Agung Depok. Namun, keputusan tersebut mendapatkan penolakan dari sejumlah orangtua siswa dan pegiat hak asasi manusia.

Perwakilan dari orangtua siswa menolak adanya rencana peleburan murid-murid SDN Pondok Cina 1 yang akan digabung dengan SDN Pondok Cina 3 dan SDN Pondok Cina 5. Mereka tetap bersikeras meminta dibuatkan bangunan sekolah baru bagi anak-anaknya jika penggusuran tetap dilakukan.

Baca Juga: Pemkot Depok Tunda Relokasi Murid SDN Pondok Cina 1

2. Pemindahan aset sekolah ditunda hingga 2023

Menko PMK Minta Pembangunan Masjid di Lahan SDN Pondok Cina 1 DitundaSuasana terkini Sekolah Dasar Negeri Pondok Cina (SDN Pocin) 1 Depok (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Menko PMK pun meminta Wali Kota Depok, M. Idris dan pihak lainnya agar pemindahan aset sekolah dapat ditunda untuk sementara waktu.

Selain permintaan dari para orangtua murid, ada pula soal pembangunan RKB di SDN Pondok Cina 3 dan Pondok Cina 5 untuk murid SDN Pondok Cina 1 yang baru bisa terlaksana pada awal 2023.

“Kami akan penuhi permintaan warga, tapi kemungkinan baru bisa tahun depan karena penganggaran belum bisa sekarang,” tuturnya.

Baca Juga: Kisruh SDN Pondok Cina 1, KPAI Minta Psikologis Siswa Diperhatikan

3. Kemen PUPR akan melakukan pembangunan jika kriteria kesiapan terpenuhi

Menko PMK Minta Pembangunan Masjid di Lahan SDN Pondok Cina 1 DitundaSuasana terkini Sekolah Dasar Negeri Pondok Cina (SDN Pocin) 1 Depok (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sementara itu, Direktur Jenderal Cipta Karya PUPR, Diana Kusumawati, mengatakan, pihaknyaakan segera melakukan pembangunan RKB apabila seluruh kriteria dan kesiapan sudah terpenuhi.

Perencanaan pembangunan tersebut akan dilakukan sesuai dengan desain prototipe pembangunan ruang kelas dari Kementerian PUPR.

“Lahan, harus clear and clean. Lokasi dan lahan harus ada. Ini adalah SDN, saya pikir kita bisa menggunakan dana SD di kami,” ungkapnya.

Diana menerangkan, pihaknya akan mensurvei terlebih dahulu untuk ketentuan pembangunan ruang kelas di lokasi yang sudah disepakati ketentuannya.

“Supaya kami mengetahui kira-kira harus dibangun ke atas atau tidak. Lebih amannya kami membangunnya tahun 2023, karena (tahun 2022) anggarannya sudah tutup buku,” ucap Diana.

Baca Juga: Tuai Pro-Kontra, Wali Kota Depok akan Tetap Gusur SDN Pondok Cina 1

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya