Prabowo Bertemu Menhan China, Apa yang Dibahas?

Kerja sama di bidang pertahanan semakin kuat dan berkembang

Jakarta, IDN Times – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Penasihat Negara dan Menteri Pertahanan China, H.E. Jenderal Wei Feng He.

Dalam kunjungannya, Ia menyampaikan apresiasi atas sambutan hangat kepada delegasi Indonesia dan peran aktifnya dalam mensukseskan hubungan bilateral, khususnya di bidang pertahanan kedua negara.

Prabowo menjelaskan, kerja sama bilateral antara Indonesia dan China sejak 2013 telah ditingkatkan menjadi kemitraan strategis yang komprehensif bertujuan membangun kerja sama lebih mendalam serta menumbuhkan rasa saling percaya antara kedua negara di berbagai aspek, terutama bidang pertahanan.

“Dengan upaya kolaboratif dari kedua belah pihak, kami telah memulai perjalanan pertumbuhan yang cepat. Saya ingin berterima kasih kepada Tiongkok, atas dukungan berkelanjutan yang telah diberikan kepada Indonesia selama ini dengan peralatan penanganan COVID-19 dan teknologi keamanan terbaru yang kami terima sejalan dengan langkah-langkah keamanan kegiatan G20 di Indonesia,” tegas Menhan Prabowo pada pertemuan di Xi’an City, China, Jumat (18/11/2022).

1. Kedua negara mencapai serangkaian konsensus penting

Prabowo Bertemu Menhan China, Apa yang Dibahas?Pertemuan Menhan Indonesia dan Menhan China (Dok. Humas Setjen Kemhan)

H.E Jenderal Wei Feng He memberikan selamat atas keberhasilan terselenggaranya KTT G20 di Bali, dimana Presiden China, XI Jinping dan Presiden Indonesia Joko “Jokowi” Widodo melaksanakan pertemuan dan mencapai serangkaian konsensus penting.

“Di bawah arahan strategis para kepala negara kedua negara, China dan Indonesia telah bersama-sama meningkatkan hubungan bilateral yang didorong oleh kerja sama politik, ekonomi, budaya, dan maritim, untuk bersama-sama membangun masyarakat dengan tujuan bersama,” tegas Jenderal Wei Feng He.

Baca Juga: Puan, Ganjar, Prabowo Dampingi Jokowi di Muktamar ke-48 Muhammadiyah

2. Kerja sama pertahanan dan keamanan kedua negara tumbuh cukup dinamis

Prabowo Bertemu Menhan China, Apa yang Dibahas?Menhan Prabowo (kiri), Menhan Wei Feng He (kanan) (Dok. Humas Setjen Menhan)

Menhan Prabowo menjelaskan bahwa kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan antara kedua negara tumbuh cukup dinamis, misalnya dalam bentuk pertemuan Menteri Pertahanan, latihan angkatan laut bersama, program perwira militer dan think tank serta kerja sama praktis memerangi kejahatan transnasional dan pencegahan bencana.

Baca Juga: Gerindra Ajak Kader Sumut Solid Menangkan Prabowo di Pilpres

3. Kerja sama bilateral di bidang pertahanan negara semakin kuat dan berkembang

Prabowo Bertemu Menhan China, Apa yang Dibahas?Ilustrasi TNI. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Prabowo berharap, kerja sama bilateral antara Indonesia dan China terlebih khusus di bidang pertahanan akan semakin kuat dan berkembang. Kedua belah pihak sepakat untuk melanjutkan kerja sama pendidikan dan latihan militer bersama yang terhenti sejak pandemi COVID-19 terjadi.

Dalam pertemuan ini, kedua Menteri Pertahanan bertukar pandangan mengenai situasi internasional dan regional, krisis Ukraina dan isu Laut China Selatan.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya