Comscore Tracker

Ada Perbedaan Pendapat soal COVID-19, Mahfud MD: Cari Jalan Bersama

Mahfud minta semua pihak turut memikirkan solusi yang tepat

Jakarta, IDN Times – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, pemerintah telah dengan segala daya dan upaya menangani pandemik COVID-19 secara terbuka.

Namun demikian, Mahfud mengakui masih banyak terjadi perbedaan pendapat.

“Memang dalam prakteknya secara ilmiah pun banyak pendapat yang berbeda, ada yang setuju, ada yang bertentangan, ada yang memberi alternatif lain,” ujar Mahfud dalam keterangan pers, Jumat (23/7/2021).

“Bahkan ada dilema yang sangat kita rasakan dalam menangani COVID ini,” tambahnya.

Baca Juga: Polisi: Pengamanan PPKM Level 4 dengan PPKM Darurat Sama

1. Pro-kontra PPKM

Ada Perbedaan Pendapat soal COVID-19, Mahfud MD: Cari Jalan BersamaIlustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Ia pun mengatakan, salah satu perbedaan pendapat itu terlihat dalam keputusan untuk memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM. Dimana ada yang mengkhawatirkan dampaknya pada perekonomian RI, dan juga pada masyarakat langsung.

“Kalau istilah ekstremnya itu lockdown meskipun kita tidak pakai istilah ini, itu satu. Karena bersama itu lalu kita mengobati, memvaksin,” ucap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu. 

“Tapi ini berhadapan dengan hal lain, kalau itu dilakukan terlalu ketat maka masalah ekonomi atau kehidupan masyarakat juga menjadi berat bagi masyarakat itu sendiri. Jadi berbuat ini kurang tepat, berbuat ini kurang tepat sehingga perlu dicari jalan yang sebaik-baiknya dan pemerintah tentu harus mengambil keputusan, dan telah mengambil keputusan di antara berbagai pendapat yang ada itu,” tambahnya.

2. Minta aspirasi masyarakat untuk sama-sama tangani pandemik COVID-19

Ada Perbedaan Pendapat soal COVID-19, Mahfud MD: Cari Jalan BersamaMenkopolhukam Mahfud MD memberikan sambutan dalam acara silaturahmi bersama para tokoh di Sumut, Kamis (3/7) malam. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Untuk menemukan solusi atas perbedaan ini, Mahfud mengimbau agar masyarakat memberikan aspirasinya agar bisa bersama-sama memutuskan langkah yang tepat untuk menangani pandemik COVID-19 di Indonesia.

“Oleh sebab itu dalam kerangka itu, dalam rangka mencari jalan bersama, silakan sampaikan aspirasi. Yang penting semua punya tujuan yang sama yaitu menyelamatkan rakyat Indonesia,” ujarnya.

Ia menambahkan, agar aspirasi itu disampaikan sesuai prosedur yang berlaku, yakni dapat melalui surat, telepon, maupun melalui media.

“Melalui apapun yang penting semuanya ikut prosedur yang telah ditetapkan dalam rangka mencapai satu tujuan, yaitu menangani COVID. Itu tujuannya adalah menjaga keselamatan masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga: Mahfud MD Cuit Sinetron Ikatan Cinta, Fadli Zon dan Warganet Geram

3. Masyarakat diminta tetap tenang

Ada Perbedaan Pendapat soal COVID-19, Mahfud MD: Cari Jalan BersamaSuasana Jakarta sekitar MH Thamrin saat PPKM Darurat pada Minggu (4/7/2021). (IDN Times/Sachril Agustin Berutu)

Mahfud kemudian mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan menjaga ketertiban serta keamanan di wilayah masing-masing.

“Mari jaga negara ini agar tetap menjadi kondusif sambil berusaha bersama-sama menyelesaikan berbagai persoalan, terutama yang sekarang ini fokus persoalan kita adalah menyelesaikan COVID,” katanya.

“Negara Indonesia ini adalah berkah yang dilimpahkan oleh Allah agar kita bisa maju sejahtera menjadi manusia yang bermartabat di muka bumi, di tengah bangsa-bangsa yang lain,” lanjut Mahfud.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya