Comscore Tracker

Aksi May Day 14 Mei, Polda: Ada 1000 Bus Masuk Jakarta

Ada puluhan ribu buruh tumpah ruah melakukan aksi sejak pagi

Jakarta, IDN Times - Berbagai elemen buruh bakal menggelar aksi May Day Fiesta pada Sabtu (14/5/2022) mendatang. Setidaknya akan ada puluhan ribu buruh dari berbagai konfederasi menghadiri aksi yang digelar di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Menurut Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea, jumlah massa aksi May Day Fiesta 14 Mei cukup besar. Sehingga dia memastikan arus lalu lintas di sekitaran GBK bakal terganggu.

Dia bahkan menyebut, akan ada 1.900 bus yang mengangkut para buruh dan massa aksi sebagai bagian dari akomodasi massa. Sedianya aksi May Day Fiesta 14 Mei besok akan digelar mulai pukul 12.00 hingga pukul 17.00 WIB sore.

"Kami minta maaf ke warga Jakarta, bakal ada sekitar 1.900 bus masuk Jakarta di tanggal 14 Mei besok," kata Andi, Kamis (12/5/2022).

1. Polisi minta warga DKI hindari GBK dan DPR RI

Aksi May Day 14 Mei, Polda: Ada 1000 Bus Masuk JakartaMassa buruh melakukan demo menuntut kenaikan UMP 2022 pada Rabu (8/12/2021). (IDN Times/Athif Aiman)

Terkait besarnya jumlah massa aksi yang bakal menghadiri rangkaian acara, Polda Metro pun mengeluarkan imbauan pada warga DKI. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, warga DKI diminta untuk menghindari kawasan Senayan dan area Gedung DPR RI, pada Sabtu besok (14/5/2022).

Dia juga meminta agar para warga DKI yang hendak berolahraga di GBK membatalkan dulu aktivitasnya, karena khawatir dipadati massa aksi dan bus yang mengangkut para buruh.

"Kami imbau pada seluruh warga Jakarta, sebaiknya pada Sabtu sejak pagi hingga sore hindari kawasan Senayan, dan depan Gedung DPR RI," kata Kombes Pol Sambodo.

Baca Juga: Ada Aksi May Day, Pengendara Diimbau Hindari Kawasan Patung Kuda

2. Hindari juga wilayah-wilayah ini

Aksi May Day 14 Mei, Polda: Ada 1000 Bus Masuk JakartaIlustrasi - Massa buruh melakukan demo menuntut kenaikan UMP 2022 pada Rabu (8/12/2021). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Polisi juga mengimbau agar masyarakat ikut menghindari berbagai wilayah lain yang ikut terdampak kegiatan aksi buruh May Day Fiesta 14 Mei besok, seperti Jalan Gatot Subroto mulai dari simpang Semanggi hingga depan Gedung DPR RI.

Berikutnya adalah kawasan GBK, Senayan, Gerbang Pemuda, Jalan Asia Afrika, Jalan Jenderal Sudirman mulai dari Bundaran Senayan hingga simpang Semanggi.

"Hari Sabtu sebaiknya tidak olahraga dulu di GBK, karena sejak pagi akan ada kedatangan 800 bus sampai 1000 bus ke Jakarta yang angkut massa May Day Fiesta," katanya lagi, seperti disitat ANTARA.

Baca Juga: Sudah Ada Partai Buruh, Apakah Buruh Tetap Turun ke Jalan untuk Demo? 

3. Puluhan ribu buruh bakal tumpah ruah

Aksi May Day 14 Mei, Polda: Ada 1000 Bus Masuk JakartaMassa buruh berkumpul di pintu Monas, Jalan Merdeka Selatan, Rabu (8/12/2021). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sementara itu, pengurus KSPSI Andi Gani Nena Wea mengatakan, pihaknya saja akan membawa sekira 65 ribu buruh ke GBK.

KSPSI meminta maaf jika lalu lintas akan terganggu, dan meminta masyarakat bisa memaklumi kegiatan satu tahun sekali ini. Walaupun demikian Andi memastikan aksi tersebut akan berlangsung damai.

Dia juga mengatakan kalau buruh tak bakal mengundang para politisi dalam aksi May Day Fiesta 14 Mei besok. Buruh tak mau kalau agenda tahunan ini justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik tertentu.

"Yang ada hanya tokoh-tokoh buruh, karena kami yakin perjuangan kami tidak boleh diintervensi oleh politisi manapun. Jadi, kami tidak mengundang tokoh politik manapun, khusus untuk buruh Indonesia," katanya.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya