Cicilan Rumah DP Rp0 Mulai Rp1,4 Juta, Anies: Demand Cukup Tinggi

Pendaftaran bisa diakses melalui aplikasi SIRUKIM

Jakarta, IDN Times - Tingkat keterisian rumah dengan down payment (DP) nol rupiah dikatakan sudah mencapai 95 persen. Hal itu disampaikan Gubernur DKI Anies Baswedan, Sabtu (10/9/2022).

Kata dia, DP nol rupiah termasuk unik karena masuk dalam mekanisme pasar yang terdapat peran pemerintah dengan intervensi uang muka, sehingga bisa berjalan lancar.

"Bahkan angka keterisian huniannya sudah 95 persen. Dan ini lebih tinggi dari apartemen yang baru 70 persen. Artinya, kita memiliki demand yang cukup tinggi," kata Anies dalam rilis resminya hari ini.

Baca Juga: Ini yang Mau Dilakukan Anies Usai Tak Jadi Gubernur 1 Bulan Lagi

1. Pendaftaran bisa dilakukan via SIRUKIM

Cicilan Rumah DP Rp0 Mulai Rp1,4 Juta, Anies: Demand Cukup TinggiPemprov DKI Jakarta menambah dua lokasi hunian rumah DP Rp0 (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta, Sarjoko, mengatakan pendaftaran hunian dengan DP nol rupiah dilaksanakan secara daring melalui aplikasi bernama Sistem Informasi Perumahan Permukiman (SIRUKIM).

"Pendaftaran bisa diakses melalui aplikasi SIRUKIM yang juga bisa terkoneksi dengan sistem aplikasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta, dan aplikasi sistem perpajakan yang dikelola oleh Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta," katanya.

Baca Juga: Anies Harap 95 Persen UMKM DKI Bisa Didongkrak Lewat QRIS Jakpreneur

2. Untuk ketersediaan unit bisa cek di JAKHABITAT

Cicilan Rumah DP Rp0 Mulai Rp1,4 Juta, Anies: Demand Cukup TinggiPemprov DKI Jakarta menambah dua lokasi hunian rumah DP Rp0 (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Selain itu, masyarakat juga disebutkan bisa melihat tampilan unit serta mendapat layanan informasi terkait ketersediaan unit rumah DP nol rupiah hingga pendaftaran dengan mengunjungi Galeri Huni JAKHABITAT di Taman Martha Tiahahu, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Diketahui Gubernur DKI Anies Baswedan belum lama ini meresmikan 1.348 unit hunian JAKHABITAT dengan DP nol rupiah di Menara Kanaya Nuansa Cilangkap dan Menara Swasana Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur, pada Rabu lalu, (7/9).

JAKHABITAT memberi hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah melalui Dinas Perumahan Rakyat dan DPRKP DKI Jakarta yang berkolaborasi dengan Perumda Sarana Jaya.

3. Angsuran mulai Rp1,4 juta

Cicilan Rumah DP Rp0 Mulai Rp1,4 Juta, Anies: Demand Cukup TinggiPemprov DKI Jakarta menambah dua lokasi hunian rumah DP Rp0 (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sementara itu, berdasarkan skema kredit yang dihimpun via Bank DKI, untuk tipe studio di Menara Kanaya dengan cicilan suku bunga lima persen (fixed) dengan tenor 20 tahun, angsuran bulanannya mulai sekira Rp1,4 juta.

Sedangkan untuk dua kamar tidur, angsuran per bulan kisaran Rp1,6 juta dengan tenor 20 tahun.

Untuk hunian tipe studio di Menara Swasana, angsuran dengan tenor 20 tahun cicilan per bulannya mulai di kisaran Rp1,5 juta. Dan untuk tipe dua kamar, dengan cicilan mulai Rp2,7 juta.

Adapun pendaftaran secara daring maupun aplikasi SIRUKIM dengan syarat warga dengan KTP dan KK DKI, belum memiliki rumah, punya NPWP, hingga berpenghasilan rumah tangga per bulan maksimal Rp14,8 juta.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya