Jemaah Haji RI Wafat Capai 81 Orang, Penyebabnya karena Kelelahan 

Kelelahan bikin komorbid tak terkontrol

Jakarta, IDN Times - Jemaah haji yang wafat di Tanah Suci kini tercatat mencapai 81 orang. Data itu disampaikan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah.

Menurut Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Mekah, Muhammad Imran, sebagian besar jemaah haji yang wafat disebabkan oleh penyakit cardiovascular. "Penyebab terbesar jemaah meninggal adalah cardiovascular," kata dia, disitat Antara, Senin (1/8/2022).

Baca Juga: Menderita Sakit Gula, 2 jemaah Haji Asal Bantul Dipulangkan

1. Lebih dari separuh jemaah yang meninggal karena cardiovascular

Jemaah Haji RI Wafat Capai 81 Orang, Penyebabnya karena Kelelahan Ilustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Imran mengatakan, dari 81 jemaah yang meninggal, sebanyak 45 jemaah meninggal karena penyakit cardiovascular. Lalu 15 jemaah lain meninggal karena syok atau penyebab lainnya, dan 21 karena penyakit terkait pernapasan.

Imran juga bilang, meninggalnya para jemaah itu setelah puncak haji di Arafah, Muzdhalifah, dan Mina (Armuzna) meningkat karena dipicu kelelahan.

2. Kelelahan picu komorbid jemaah jadi tak terkontrol

Jemaah Haji RI Wafat Capai 81 Orang, Penyebabnya karena Kelelahan Ilustrasi jemaah calon haji Indonesia (IDN Times/Umi Kalsum)

Lebih lanjut, Imran bisa mengatakan, kematian jemaah haji karena salah satu faktor kelelahan dan dehidrasi.

"Memang lebih tinggi dari sebelum Armuzna disebabkan karena kelelahan yang cukup tinggi terutama pada saat Armuzna sehingga menyebabkan jemaah yang punya komorbid kelelahan dan harus menjalani perawatan di RS termasuk KKHI," kata dia.

Sebab cardiovascular bukan hanya karena seorang punya penyakit komorbid, seperti jantung, diabetes, dan hipertensi. Melainkan juga bisa tanpa komorbid tapi karena kelelahan dan juga mungkin usia sehingga mudah terkena serangan jantung.

3. Target penurunan angka meninggalnya jemaah haji

Jemaah Haji RI Wafat Capai 81 Orang, Penyebabnya karena Kelelahan Suasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Sebelumnya Pusat Kesehatan Haji menargetkan penurunan angka kematian jemaah haji Indonesia di bawah dua per mil.

Lebih lanjut dia mengatakan saat ini sebanyak 23 jemaah haji tengah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi dan 10 orang dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Mekkah.

Baca Juga: Cerita Jemaah Haji: Dulu Itu Haji Kelaparan, Sekarang Kekenyangan

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya