Tahun Baru Islam, Wapres Ma'ruf Amin Harap Keutuhan Bangsa Diperkuat 

Ma'ruf harap muslim bisa hijrah ke arah lebih baik

Jakarta, IDN Times - Umat muslim di seluruh dunia merayakan Tahun Baru Islam hari ini. Di Tanah Air, Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah jatuh pada 30 Juli 2022 sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri.

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin pun meminta kepada umat Islam di Tanah Air bisa untuk bisa memaknai Tahun Baru Islam sebagai momentum untuk berhijrah ke arah yang lebih baik lagi. Yakni, sebagai pribadi, kelompok maupun bangsa.

“Karena hijrah tidak hanya diartikan sebagai pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Melainkan hijrah yaitu melakukan perubahan secara menyeluruh dari keadaan yang kurang baik menjadi baik dan bahkan menjadi lebih baik lagi,” kata Wapres, dalam keterangannya, Sabtu (30/7/2022).

1. Wapres harap keutuhan bangsa dapat terus diperkuat

Tahun Baru Islam, Wapres Ma'ruf Amin Harap Keutuhan Bangsa Diperkuat ilustrasi berdoa (unsplash.com/Faseeh Fawaz)

Wapres Ma'ruf Amin juga mengatakan, dirinya sangat berharap besar agar di Tahun Baru Islam ini keutuhan bangsa Indonesa makin diperkuat. Misalnya, melalui persaudaraan sesama muslim, sebangsa setanah air maupun antar manusia.

“Kita harus mampu untuk lebih memperkuat keutuhan dan kesatuan bangsa sebagai modal utama kelanjutan pembangunan nasional,” kata dia.

Baca Juga: 10 Tradisi Tahun Baru Islam di Indonesia, Ada Kirab dengan Kerbau! 

2. Minta seluruh Muslim terus panjatkan doa demi keselamatan bangsa

Tahun Baru Islam, Wapres Ma'ruf Amin Harap Keutuhan Bangsa Diperkuat Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin kunjungan kerja ke Sukabumi (Dok. Setwapres)

Wapres Ma'ruf Amin di kesempatan Tahun Baru Islam kali ini jyga mengimbau agar seluruh Muslim di Tanah Air terus memanjatkan doa kepada Allah SWT seraya memohon keselamatan bangsa.

“Kita bangsa Indonesia dapat mengatasi berbagai tantangan, baik menyangkut pandemi Covid-19 beserta seluruh dampaknya, krisis energi dan pangan serta tantangan lainnya. Sehingga kita bisa menjadi bangsa yang lebih kuat dan maju,” jelas Ma'ruf Amin.

Baca Juga: 5 Fakta Historis Islam di Tahun 1 Hijriah, Muslim Perlu Tahu!

3. Peran aktif muslim bagi kemajuan bangsa sangat penting

Tahun Baru Islam, Wapres Ma'ruf Amin Harap Keutuhan Bangsa Diperkuat ANTARA FOTO/Fathur Rochman

Wapres juga berharap agar seluruh Muslim di Indonesia terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sehingga dapat berperan aktif bagi kemajuan bangsa.

“Saya mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1444 H kepada seluruh umat Islam di Tanah Air,” ucapnya.

“Mudah-mudahan kita bisa menghayati makna Tahun Baru Islam ini dengan senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan memperbanyak kontribusi positif umat Islam bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” katanya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya