Kejar Target Herd Immunity, BPJAMSOSTEK Vaksinasi Pekerja Sektor UMKM

Vaksinasi digelar di Jambi dan Pangkalpinang

Jakarta, IDN Times - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) melalui Kantor Wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) menyelenggarakan program vaksinasi COVID-19 gratis dan donor darah untuk pekerja sektor UMKM dan masyarakat umum di Kota Jambi dan Pangkalpinang pada Sabtu (21/8/2021).

Penyelenggaran di Kota Jambi yang bertempat di GOR Kota Baru ini merupakan rangkaian program Vaksinasi Bersama BPJAMSOSTEK yang diinisiasi untuk mendukung program pemerintah dalam pengentasan COVID-19.

Hadir pada kegiatan vaksinasi di Kota Jambi tersebut Gubernur Provinsi Jambi Al Haris, Wakil Wali Kota Jambi, Maulana, dan Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK Kanwil Sumbagsel, Surya Rizal.

1. Sekitar 1,5 juta masyarakat Provinsi Jambi belum divaksinasi

Kejar Target Herd Immunity, BPJAMSOSTEK Vaksinasi Pekerja Sektor UMKMBPJAMSOSTEK melalui Kantor Wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) menyelenggarakan program vaksinasi COVID-19 gratis dan donor darah untuk pekerja sektor UMKM dan masyarakat umum di Kota Jambi dan Pangkalpinang pada Sabtu (21/8/2021). (Dok. BPJamsostek)

Al Haris dalam keterangannya menyampaikan, dirinya sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan vaksinasi ini, sebab Pemerintah Provinsi Jambi telah dibantu dalam meningkatkan herd immunity masyarakat. Ia mengatakan, saat ini terdapat kurang lebih 1,5 juta masyarakat Provinsi Jambi yang belum divaksinasi.

"Kami Pemprov Jambi sangat berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang melaksanakan vaksinasi ini. Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya, karena telah membantu kerja kami dalam memenuhi target vaksinasi di Jambi," jelas Al Haris.

Dengan masifnya kegiatan vaksinasi seperti ini, Haris mengharapkan pada Desember mendatang terget vaksinasi di Provinsi Jambi dapat tercapai dan perekonomian bisa berjalan lancar kembali.

Baca Juga: BPJamsostek Gerak Cepat Pastikan Perawatan Korban Musibah Margo City

2. Supaya ekonomi dapat tumbuh kembali

Kejar Target Herd Immunity, BPJAMSOSTEK Vaksinasi Pekerja Sektor UMKMBPJAMSOSTEK melalui Kantor Wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) menyelenggarakan program vaksinasi COVID-19 gratis dan donor darah untuk pekerja sektor UMKM dan masyarakat umum di Kota Jambi dan Pangkalpinang pada Sabtu (21/8/2021). (Dok. BPJamsostek)

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Wakil Wali Kota Jambi, Maulana pun turut mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang telah melaksanakan program vaksinasi untuk masyarakat Kota Jambi.

"Kami sangat mengapresiasi BPJS ketenagakerjaan dalam rangka vaksinasi 1.000 pelaku UMKM peserta BPJS Ketenagakerjaan. Karena ini ikhtiar kita bagi para pelaku UMKM di Kota Jambi, dan ekonomi dapat tumbuh kembali," jelas Maulana.

3. Vaksinasi pertama BPJamsostek yang dilakukan di daerah Sumatra bagian Selatan

Kejar Target Herd Immunity, BPJAMSOSTEK Vaksinasi Pekerja Sektor UMKMilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Selanjutnya, Anggoro Eko Cahyo, Direktur Utama BPJAMSOSTEK dalam keterangannya di tempat terpisah menyampaikan bahwa pihaknya akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak agar program Vaksinasi Bersama BPJAMSOSTEK ini terus berjalan di seluruh Indonesia.

“Vaksinasi kita hari ini terselenggara di Kota Jambi dan Kota Pangkalpinang, ini merupakan yang pertama yang kami lakukan di daerah Sumatra Bagian Selatan. Targetnya adalah seluruh pekerja dan juga masyarakat umum, dan untuk yang di Pangkalpinang menyasar pekerja dari sektor pertambangan, perdagangan, perhotelan dan pekerja dari sektor informal atau BPU," jelas Anggoro.

4. Total 2.600 dosis vaksin

Kejar Target Herd Immunity, BPJAMSOSTEK Vaksinasi Pekerja Sektor UMKMIlustrasi petugas tenaga kesehatan berdiri di depan video penggunaan vaksin saat pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bagi petugas pelayan publik (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Sebagai informasi, program Vaksinasi Bersama BPJAMSOSTEK ini merupakan yang kesembilan kalinya digelar. Setidaknya ada 47.000 dosis vaksin yang disebarkan kepada masyarakat pekerja di Jakarta, Tangerang, Bandung, Karawang, Denpasar, Madura, Jambi dan Pangkalpinang. Penyelenggaraan Vaksinasi di Jambi sendiri menyediakan 2.000 dosis dan 600 dosis untuk Pangkalpinang.

"Kami berharap kegiatan vaksinasi di Jambi dan Pangkalpinang hari ini akan membantu banyak pekerja, juga secara umum untuk masyarakat di sana agar bisa terlindungi dari COVID-19, dan dengan terbentuknya kekebalan komunal, semoga produktivitas pekerja menjadi normal dan perekonomian nasional segera bangkit dan pulih kembali," tutup Anggoro. (WEB)

Baca Juga: BPJAMSOSTEK Dorong Percepatan Capaian Vaksinasi di Madura

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya