BPJS Kesehatan dan HIRA Siap Optimalkan Sistem Jaminan Kesehatan

Diharapkan bisa membawa manfaat yang signifikan

Jakarta, IDN Times - BPJS Kesehatan menjalin kerja sama dengan The Health Insurance Review and Assessment Service Republik Korea (HIRA). 

Kerja sama tersebut dilakukan untuk saling bertukar informasi dalam mengoptimalkan sistem jaminan kesehatan sosial di masing-masing negara.

Adapun ruang lingkup kerja sama yang dilakukan yaitu terkait pengembangan sistem klaim digital dan pengembangan sistem pembayaran kepada seluruh fasilitas kesehatan.

1. Berikan manfaat yang signifikan bagi kedua negara

BPJS Kesehatan dan HIRA Siap Optimalkan Sistem Jaminan KesehatanBPJS Kesehatan menjalin kerja sama dengan The Health Insurance Review and Assessment Service Republik Korea (HIRA). (dok. BPJS Kesehatan)

Direktur Kepatuhan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, Mundiharno mengatakan, kerja sama tersebut diharapkan dapat membawa manfaat yang signifikan bagi kedua negara, terutama dalam meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat.

“Kerja sama ini melibatkan pertukaran keahlian dan pengetahuan guna memperkuat sistem jaminan kesehatan sosial di kedua negara. Dengan berbagi pengalaman, BPJS Kesehatan dan HIRA berharap dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan meningkatkan aksesibilitas bagi masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan di masing-masing negara,” katanya.

Baca Juga: BPJS Kesehatan: 626 Ribu Petugas Pemilu 2024 Akses Layanan JKN

2. Kedua negara bisa melakukan penelitian bersama

BPJS Kesehatan dan HIRA Siap Optimalkan Sistem Jaminan KesehatanWarga memanfaatkan layanan BPJS Keliling untuk pendaftaran aplikasi mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan di kawasan Pasar Tradisional Johar Semarang, Jumat (14/7/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Mundiharno menjelaskan beberapa bentuk kerja sama lain adalah menyelenggarakan seminar, konferensi, lokakarya, dan pertemuan tingkat profesional lainnya. Tak hanya itu, kedua negara pun bisa melakukan penelitian bersama, pelatihan, konsultasi, dan publikasi.

Mundiharno mengatakan melalui pertukaran informasi dan pengalaman, khususnya terkait dengan sistem klaim digital dan penanganan anti fraud dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan dan HIRA dapat memperkuat sistem jaminan kesehatan, baik di Indonesia maupun Korea Selatan.

3. Jadi langkah positif dalam hubungan bilateral di bidang kesehatan

BPJS Kesehatan dan HIRA Siap Optimalkan Sistem Jaminan Kesehatanilustrasi BPJS Kesehatan (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Bukan hanya itu, dirinya juga meyakini bahwa kerja sama yang dilakukan bisa membawa manfaat yang signifikan bagi masyarakat, khususnya di Indonesia dan Korea Selatan, serta menjadi dasar yang kuat dalam mengoptimalkan sistem jaminan sosial di bidang kesehatan.

“Kerja sama ini menandai langkah positif dalam memperkuat kerja sama bilateral di bidang kesehatan antara Indonesia dan Korea Selatan, serta menegaskan komitmen kedua negara untuk meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakatnya,” tambah Mundiharno.

Dalam kegiatan tersebut, juga dihadiri oleh Direktur Eksekutif Strategi dan Manajemen HIRA, Soo-Suk Oh. (WEB)

Baca Juga: Cerita Rony, Akui Pelayanan BPJS Kesehatan Semakin Ramah dan Mudah

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya