Ditjen Dukcapil Gelar Rakornas di Palembang

Penguatan Dukcapil untuk layanan publik dan pemilu

Jakarta, IDN Times - Ditjen Dukcapil Kemendagri kembali menggelar Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk kedua kalinya di tahun ini. 

Rakornas menjadi ajang konsolidasi dan koordinasi terbesar bagi sekitar 2.000 peserta dari dinas Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia. Selain itu, juga disediakan ruang daring melalui Zoom Meeting dengan kapasitas 1.000 peserta.

Rakornas Dukcapil kali ini mengusung tema "Penguatan Dukcapil untuk Pelayanan Publik dan Suksesnya Pemilu Serentak 2024", diselenggarakan di Novotel Hotel & Residence, Kota Palembang, 24-26 Oktober 2024.

Mendagri Tito Karnavian dijadwalkan akan membuka Rakornas secara resmi pada Selasa malam. Sebagai apresiasi atas prestasi dan kinerja jajaran Dukcapil daerah, Tito pun akan menganugerahkan Dukcapil Awards kepada sejumlah daerah dengan kinerja terbaik. 

Akan hadir pula beberapa narasumber di antaranya Ketua Komisi II DPR, Ketua KPU, dan Pj. Gubernur Sumatera Selatan, perwakilan dari Kemenkeu, Bappenas, Kemenpan-RB, BSSN, Kemenlu, dan para Pejabat Eselon I dan II Kemendagri. 

1. Saling bersinergi dan menyamakan persepsi

Ditjen Dukcapil Gelar Rakornas di PalembangDirjen Dukcapil Teguh Setyabudi saat rapat koordinasi pembahasan PKS dengan pihak Kemenperin melalui Zoom Meeting di Jakarta, Senin (28/8). (Dok. Dukcapil)

Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi mengatakan, Rakornas ini menjadi ajang silaturahmi untuk saling bersinergi dan menyamakan persepsi, agar tekad Dukcapil memberikan pelayanan prima ke masyarakat bisa terlaksana dengan sebaik-baiknya.

"Selain itu juga untuk mensukseskan pelayanan publik dan pemilu Serentak 2024," kata Teguh saat membuka rapat, Rabu (23/8).

Ia pun mengingatkan para kepala dinas, banyak agenda penting yang harus dipersiapkan menghadapi tahun politik di 2024.

"Ada banyak program yang harus kita tuntaskan hingga akhir 2023 dan mempersiapkan banyak agenda penting di tahun 2024, itulah yang akan kita bahas pada Rakornas Dukcapil di Palembang nanti," kata Teguh.

Baca Juga: Dukcapil Dukung Penyaluran Bantuan Diskon Harga Motor Listrik

2. Rumuskan penyelenggaraan Adminduk serta dukung Pemilu

Ditjen Dukcapil Gelar Rakornas di PalembangDitjen Dukcapil Kemendagri menggelar Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Novotel Hotel & Residence, Kota Palembang, 24-26 Oktober 2024. (dok. Diten Dukcapil)

Sesditjen Dukcapil Hani Syopiar Rustam menambahkan, Rakornas Dukcapil II Tahun 2023 ini bertujuan untuk merumuskan penyelenggaraan Adminduk yang tertib serta dukungan Ditjen Dukcapil dalam pelaksanaan Pilpres, Pileg dan Pilkada Serentak 2024. 

"Kita mesti mantapkan gerak bersama menyongsong awal tahun pelaksanaan Pemilu 2024. Kita akan undang dua peserta dari setiap Dinas Dukcapil provinsi, kabupaten dan kota ke Palembang," kata Hani.

3. Para kadis yang produktif, efektif dan inovatif diberikan apresiasi

Ditjen Dukcapil Gelar Rakornas di PalembangSuasana kantor Dinas Dukcapil Kota Tebingtinggi yang didesain seperti kafe kekinian. (Istimewa)

Terkait Dukcapil Award, Hani menjelaskan, akan diberikan kepada Disdukcapil yang berhasil meningkatkan efektivitas, dan inovasi dalam pelayanan Adminduk. 

Adapun penilaian produktivitas berdasarkan delapan kriteria yakni total perekaman KTP-el 99,4 persen, total penerbitan KIA 50 persen, total penerbitan akta kelahiran 98 persen, perjanjian kerja sama (PKS) minimal 15 OPD, akses data dari pengguna minimal 15 OPD, buku pokok pemakaman 75 persen dari Desa/Komplek pemakaman, 2 inovasi per tahun, serta IKD 25 persen dari total perekaman.

Penghargaan Dukcapil Prima diberikan kepada kepala dinas masing-masing untuk Disdukcapil level provinsi, kabupaten, dan kota dengan jumlah penduduk besar (>1,5 juta), sedang (<1,5 juta), dan kecil (<500 ribu). 

"Para kadis yang produktif, efektif dan inovatif perlu diberikan apresiasi. Begitu juga yang berkomitmen kuat dan konsisten dalam penyelenggaraan Adminduk, total akumulasi capaian kinerja dan dukungan terhadap berbagai kinerja Ditjen Dukcapil," kata Sesditjen Hani.

Hani menyerahkan penugasan untuk melakukan kriteria dan penilaian Dinas Dukcapil yang bakal mendapatkan penghargaan Dukcapil Prima kepada Direktur Bina Aparatur Dukcapil Andi Kriarmoni. Dukcapil. (WEB)

Baca Juga: Dukcapil: Data Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Tak Bocor

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya