Andika Perkasa Merapat ke Ganjar, Agum Gumelar: Gak Masalah

Purnawirawan bebas menentukan kariernya

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL), Agum Gumelar angkat suara perihal keterlibatan mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa dalam Tim Pemenangan Ganjar Pranowo.

Menurut Agum, anggota TNI yang telah purna tugas memiliki kebebasan untuk memilih karier berikutnya, termasuk di dunia politik.

"Tidak ada masalah (Andika ke Ganjar). Saya katakan tadi yang sudah purna tugas, purnawirawan punya kebebasan, mau maju untuk dipilih silakan, untuk memilih silakan, beda pilihan tidak masalah," kata Agum kepada awak media di Jakarta Selatan, Minggu (17/9/2023).

1. Tetap dalam sistem

Andika Perkasa Merapat ke Ganjar, Agum Gumelar: Gak MasalahMantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa bersama Bacapres dari PDIP Ganjar Pranowo (dok. PDIP)

Kendati begitu, Agum yang juga Ketua Umum DPP Perpabri atau Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI-POLRI mengingatkan kepada para purnawirawan TNI untuk selalu berada di dalam sistem.

Itu artinya, karier apapun yang mereka pilih selepas pensiun dari angkatan mesti dilakukan lewat cara-cara yang tepat, bukan serampangan.

"Dalam melanjutkan pengabdiannya ada purnawirawan yang ingin bergerak di bidang pendidikan, ekonomi, politik itu sah, tidak salah, tetapi yang selalu saya tekankan sebagai Ketua Perpabri lakukanlah semuanya itu dalam jalur sistem, jangan di luar sistem. Di luar sistem itu teriak-teriak di jalan, memaki-maki pemerintah, deklarasi di jalan," tutur Agum.

Baca Juga: Andika Ngaku Belum Diberitahu Jadi Wakil Ketua Tim Pemenangan Ganjar

2. Andika Perkasa jadi Wakil Ketua Tim Pemenangan Ganjar Pranowo

Andika Perkasa Merapat ke Ganjar, Agum Gumelar: Gak MasalahAndika Perkasa memberikan kuliah umum di Fakultas Hukum (FH) Universitas Udayana (Unud), Selasa (12/9/2023). (IDN Times/Ayu Afria)

Sebelumnya diberitakan, nama Andika Perkasa diumumkan menjadi  Wakil Ketua Tim Pemenangan Ganjar Pranowo pada Senin, 4 September 2023.

Pengumuman itu terjadi usai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar rapat dengan ketua umum Partai Hanura, Partai Perindo dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Adapun posisi ketua tim pemenangan dipercayakan kepada Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Arsjad Rasjid. 

3. Andika siap dengan segala tugas yang diberikan

Andika Perkasa Merapat ke Ganjar, Agum Gumelar: Gak MasalahMantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (dok. PDIP)

Di sisi lain, Andika mengaku siap dengan segala tugas yang diamanatkan kepadanya, termasuk kemungkinan menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo.

Hal itu ia sampaikan setelah kuliah umum di Fakultas Hukum (FH) Universitas Udayana (Unud), Kota Denpasar, Selasa (12/9/2023).

Dia meyakini, tugas yang diberikan oleh pimpinan kepadanya merupakan tugas yang pasti dia mampu mengerjakannya.

"Saya siap. Sebagai wakil ketua pemenangan saya siap," katanya.

Baca Juga: Ganjar Tegaskan Belum Bahas Potensi Andika Perkasa Jadi Cawapres

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya