Ganjar Tegaskan Belum Bahas Potensi Andika Perkasa Jadi Cawapres

Cawapres Ganjar masih dalam pembahasan dan seleksi

Jakarta, IDN Times - Calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo menuturkan belum ada pembahasan mengenai Jenderal (Purnawirawan) Andika Perkasa sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang akan digandengnya pada Pilpres 2024.

Menurut Ganjar, para purnawirawan TNI dan Polri yang tergabung dalam Relawan Gapura Nusantara (RGN) belum menyampaikan tentang dukungan terhadap mantan Panglima TNI tersebut sebagai cawapresnya. Hal tersebut disampaikan Ganjar setelah berdiskusi dengan RGN di kawasan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (30/7/2023).

Baca Juga: Ganjar Ngaku 'Digebukin' Orang Tua Siswa soal Sistem Zonasi PPDB

1. Nama-nama cawapres masih dalam seleksi

Ganjar Tegaskan Belum Bahas Potensi Andika Perkasa Jadi CawapresGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ganjar menuturkan, nama-nama cawapres potensial yang ada masih dalam pembahasan dan seleksi.

"Belum, belum. Semua masih dalam proses komunikasi dan seleksi," ujar Ganjar di lokasi, mengutip ANTARA.

Baca Juga: Jadi Cawapres Ganjar? Andika: Saya Siap Apa pun yang Ditugaskan

2. Ganjar berdiskusi mengenai alutsista dan kesejahteraan TNI-Polri

Ganjar Tegaskan Belum Bahas Potensi Andika Perkasa Jadi CawapresGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam diskusi itu, kata Ganjar, salah satu fokus para purnawirawan TNI dan Polri yang tergabung dalam RGN itu yakni mengenai alat utama sistem senjata (alutsista). Mereka menilai, alutsista yang dimiliki harus mampu bersaing di era teknologi saat ini.

Selain itu, soal kesejahteraan prajurit TNI dan Polri juga turut dibahas dalam pertemuan tersebut.

"Ada banyak sekali tadi cerita alutsista, cerita sumber daya manusia, cerita proyeksi soal pertahanan dan keamanan ke depan seperti apa. Karena ada masalah yang harus kita bereskan dari sisi perkembangan dunia teknologi,” ucap Ganjar.

Ganjar mengklaim, berbagai masukan tersebut akan ditampung untuk kemudian dicarikan solusi ketika terpilih dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Beliau-beliau tadi memberikan informasi secara detail, secara teknis, inilah nanti akan coba saya rumuskan kembali jadi sebuah pekerjaan dalam konsep praktisnya agar bisa tercapai,” kata Ganjar.

3. Purnawirawan TNI-Polri beri masukan ke Ganjar

Ganjar Tegaskan Belum Bahas Potensi Andika Perkasa Jadi CawapresCapres 2024 Ganjar Pranowo di acara Konsolidasi PDIP DKI Jakarta (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara itu, Ketua Umum RGN Laksamana Madya TNI (Purn) Agus Setiadi menuturkan, pertemuan tertutup yang digelar bersama Ganjar tersebut membahas sejumlah aspek. Salah satunya, mencakup bidang kesejahteraan prajurit dan purnawirawan hingga pemberdayaan wilayah terkait aspek pertahanan.

"Perlu juga mempersiapkan kekuatan dan pengembangan kemampuan dari aspek sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan dan kekuatan operasional masing-masing matra yakni darat, laut dan udara." 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Puan: Saya Serius Loh Cak Imin Masuk Bursa Cawapres Ganjar

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya