Awali Kunjungan ke Afrika, Jokowi Tiba di Kenya

Presiden Jokowi tiba di Kenya Minggu sore waktu setempat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menginjakkan kaki di Bandara Internasional Jomo Kenyatta, Nairobi, Republik Kenya, Minggu (20/8/2023) pukul 15.15 waktu setempat atau 19.15 WIB.

Ketibaan Jokowi di bandara disambut langsung oleh Duta Besar RI untuk Republik Kenya, Mohamad Hery Saripudin beserta istri dan Atase Pertahanan RI di Pretoria Kol. Mar. Burhanudin beserta istri.

Jokowi juga disambut Menteri Luar Negeri Republik Kenya, Alfred Mutua; dan Menteri Pertambangan, Ekonomi Biru, dan Kemaritiman Republik Kenya, Salim Mvurya selaku Escort of Honour.

Baca Juga: Jokowi Bertolak ke Afrika, Indonesia Diundang ke KTT BRICS

1. Agenda Jokowi di Republik Kenya

Awali Kunjungan ke Afrika, Jokowi Tiba di KenyaPresiden Joko "Jokowi" Widodo tiba di Republik Kenya, Minggu (20/8/2023) ( Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Dari bandara, Jokowi bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju hotel tempatnya bermalam selama kunjungan di Kenya. Setibanya di sana, Jokowi mendapatkankan sambutan dari Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Kepala Kanselerai KBRI Nairobi, Danny Rahdiansyah.

Adapun Jokowi diagendakan bertemu dengan Presiden Republik Kenya William Ruto untuk menggelar pertemuan bilateral. Hal itu dilakukan guna meningkatkan hubungan kerja sama antara Indonesia dan Republik Kenya.

2. Jokowi lakukan kunjungan pertama kali ke Afrika sebagai Presiden RI

Awali Kunjungan ke Afrika, Jokowi Tiba di KenyaPresiden Joko "Jokowi" Widodo tiba di Republik Kenya, Minggu (20/8/2023) ( Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Sebelumnya, Jokowi bersama delegasi terbatas bertolak ke Afrika. Kunjungan ini menjadi yang pertama kalinya selama sembilan tahun menjadi Presiden Republik Indonesia.

Bersejarah pula, karena sudah nyaris empat dekade, Presiden Indonesia belum mengunjungi Benua Hitam. Selama di Afrika, Jokowi akan berkunjung ke empat negara yaitu Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan.

"Ini merupakan kunjungan pertama saya sebagai Presiden ke kawasan Afrika," ujar Jokowi dalam jumpa pers di Bandara International Kualanamu, Minggu (20/8/2023).

Baca Juga: Menerka Tujuan Kunjungan Bersejarah Jokowi ke Afrika

3. Indonesia diundang pada KTT BRICS

Awali Kunjungan ke Afrika, Jokowi Tiba di KenyaPresiden Joko "Jokowi" Widodo tiba di Republik Kenya, Minggu (20/8/2023) ( Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Jokowi mengakui Indonesia juga diundang untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS (Brasil, Rusia, India, dan South Africa). Indonesia akan melalukan pertemuan bilateral dengan pimpinan negara BRICS di sela-sela kegiatan KTT.

"Tentunya, di sela-sela KTT BRICS akan dilakukan berbagai pertemuan bilateral dengan Kepala Negara yang lainnya. Insya Allah, saya dan rombongan akan tiba kembali di tanah air pada 25 Agustus 2023," ujar dia.

Jokowi mengatakan, Indonesia dan Afrika memiliki hubungan historis yang panjang. Indonesia bahkan menjadi penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia Afrika di Bandung Tahun 1955 silam.

Selain itu, Indonesia juga berperan penting dalam melahirkan gerakan non-blok. Menurut Jokowi semangat ini akan dibawa dalam kunjungannya ke Afrika.

"Spirit Bandung inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dengan memperkokoh solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara the global south,” tuturnya.

Topik:

  • Rochmanudin
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya