Moeldoko Tegaskan Sikap Indonesia Terus Dukung Palestina

Posisi Indonesia terhadap Palestina tidak pernah berubah

Jakarta, IDN Times - Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Moeldoko, menegaskan sikap pemerintah Indonesia yang tidak akan berubah terhadap konflik antara Israel dan Palestina. Indonesia tetap mengecam dengan keras tindakan dari Israel.

"Pada dasarnya, sikap Indonesia terhadap Palestina tidak pernah berubah di dalam konteks situasi yang baru saja berkembang. Indonesia telah mengecam atas tindakan kekerasan, yaitu serangan secara eskalatif yang dilakukan Israel ke Gaza, yang menewaskan banyak korban termasuk anak-anak dan perempuan," ungkap Moeldoko dalam tayangan video yang diperoleh IDN Times, Kamis (20/5/2021).

Ia mengatakan apa yang dilakukan Israel, termasuk penghancuran kantor berita Associated Press dan Al-Jazeera di Palestina, semakin menegaskan krisis kemanusiaan yang terjadi di Gaza dan sekitarnya.

"Indonesia juga sangat prihatin atas munculnya sebuah situasi di mana krisis kemanusiaan telah terjadi di sana. Untuk itu sekali lagi, sikap Indonesia dalam hal ini adalah mengecam dengan keras," sambung dia.

1. Segenap upaya dilakukan Indonesia untuk membantu Palestina

Moeldoko Tegaskan Sikap Indonesia Terus Dukung Palestinailustrasi bendera Indonesia dan Palestina (alodunia.com)

Dalam video tersebut, Moeldoko turut menyampaikan segenap upaya pemerintah dalam membantu penyelesaian konflik antara Palestina dan Israel. Presiden Joko "Jokowi" Widodo dibantu Menteri Luar Negeri Retno Marusdi terus melobi banyak pimpinan negara dan terlibat aktif dalam menyelesaikan konflik tersebut.

"Baik Presiden maupun Menteri Luar Negeri telah berkomunikasi dengan banyak pemimpin negara agar dapat membantu penyelesaian (konflik) Palestina, dan terutama untuk bisa mengakhiri tindak kekerasan sehingga korban jiwa tidak semakin bertambah dan juga menghadirkan keadilan bagi masyarakat Palestina," jelas Moeldoko.

Baca Juga: Palestina Menderita, Buya Syafii Maarif: PBB Seperti Macan Ompong! 

2. Moeldoko minta masyarakat Indonesia pahami situasi antara Palestina dan Israel

Moeldoko Tegaskan Sikap Indonesia Terus Dukung Palestina(ilustrasi konflik Israel Palestina) ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa

Moeldoko kemudian mengimbau seluruh masyarakat Indonesia memahami konflik Palestina-Israel secara menyeluruh. Hal itu termasuk dengan memahami adanya persoalan domestik yang terjadi di wilayah tersebut.

Dalam ranah media sosial, masyarakat Indonesia kerap melakukan perdebatan mengenai konflik antara Palestina dan Israel tanpa tahu bagaimana konflik itu bermula dan seperti apa situasi di sana.

"Saya ingin mengingatkan kepada masyarakat Indonesia, kita mesti pahami bahwa ada perosalan-persoalan domestik yang terjadi di wilayah itu. Sangat aneh kita kehabisan energi seperti saat ini, melakukan sebuah perdebatan yang tidak produktif yang sesungguhnya kita tidak pahami dengan baik apa yang terjadi di sana," terang Moeldoko.

3. Moeldoko minta masyarakat hentikan perdebatan terkait konflik Palestina-Israel

Moeldoko Tegaskan Sikap Indonesia Terus Dukung PalestinaIlustrasi Bendera Palestina (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Oleh sebab itu, Moeldoko meminta segenap masyarakat Indonesia untuk menghentikan perdebatan tersebut agar tidak terjadi perpecahan antara saudara sebangsa dan setanah air.

"Untuk itu saya mengimbau kepada semuanya untuk menghentikan semuanya (perdebatan) itu. Jangan situasi yang terjadi di antara Palestina dan Israel itu justru menimbulkan perpecahan di antara kita, bukan kita tidak peduli, tetapi kita semua memiliki sikap yang sama, sikap empati atas apa yang terjadi di Palestina," tegas dia.

Baca Juga: Ini 5 Aksi Dukungan Pemerintah Indonesia untuk Palestina

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya