Bupati Eltinus Optimistis Ibu Kota Papua Tengah di Mimika

Mimika sudah lama disiapkan sebagai ibu kota provinsi

Timika, IDN Times - Pemerintah dan Komisi II DPR RI menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) tiga provinsi Papua pada Selasa (28/6/2022), melalui rapat pengambilan keputusan tingkat pertama, yang selanjutnya segera disahkan menjadi undang-undang dalam rapat paripurna.

Terlepas dari perdebatan pengesahan undang-undang Daerah Otonomi Baru (DOB) ini, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, optimistis Kabupaten Mimika akan terpilih jadi ibu kota Provinsi Papua Tengah.

"Jadi ini kan walaupun mereka mau tetapkan 30 (Juni) nanti, tapi kita masih berjuang terus, kami yakin bahwa tetap ibu kota akan ada di Timika," kata Eltinus, Selasa (28/6)2022).

Baca Juga: Kampung-Kampung di Pesisir Mimika Dapat Kucuran Rp300 Juta

1. Mimika layak jadi ibu kota PPT

Bupati Eltinus Optimistis Ibu Kota Papua Tengah di MimikaBundaran SP2 yang menjadi ikon Kabupaten Mimika, Papua. (IDN Times/Ricky Lodar)

Eltinus menilai dilihat dari aspek penunjang baik infrastruktur dan fasilitas penunjang lain, Kabupaten Mimika layak, jika dibandingkan Kabupaten Nabire dan kabupaten lain yang tergabung dalam wilayah Papua Tengah. 

Ia meyakini ada pertimbangan-pertimbangan lain dari pemerintah pusat, dalam hal ini Komisi II DPR RI, sehingga Kabupaten Mimika akan ditunjuk menjadi ibu kota PPT.

"Karena semua akses dan kelayakan kedudukan di Timika. Sehingga kalau dibawa ke mana-mana itu lucu," tutur Eltinus.

2. Infrastruktur penunjang sudah memadai

Bupati Eltinus Optimistis Ibu Kota Papua Tengah di MimikaBundaran Petrosea ikon Kabupaten Mimika, Papua. (IDN Times/Ricky Lodar)

Jika dibandingkan dengan Kabupaten Nabire yang infrastrukturnya belum lengkap, kata Eltinus, pemerintah akan menggelontorkan anggaran yang besar untuk membangun ibu kota provinsi.

Hal tersebut, menurut Eltinus, akan membutuhkan waktu yang lama, karena akan dibangun secara bertahap yang disesuaikan dengan anggaran daerah. 

Baca Juga: Bupati Puncak: Mimika Layak Jadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah

3. Pembangunan infrastruktur dan gedung pemerintah sudah disiapkan Pemda Mimika

Bupati Eltinus Optimistis Ibu Kota Papua Tengah di MimikaTampak dari udara, pelabuhan Pomako yang berlokasi di Distrik Mimika Timur Istimewa/ IDN Times

Sebelumnya, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, memaparkan kesiapan Kabupaten Mimika sebagai ibu kota Provinsi Papua Tengah di hadapan Panitia Kerja Komisi II DPR RI di Jayapura, Sabtu, 25 Juni 2022.

“Pada saat itu kita semua mendukung pembentukan Provinsi Papua Tengah dengan ibu kota di Mimika,” kata Eltinus. 

Menurut Eltinus, Kabupaten Mimika sudah lama mempersiapkan diri sebagai ibu kota dengan membangun infrastruktur, termasuk gedung pemerintahan yang akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Papua Tengah.

"Sudah lama kami siapkan semua ini," kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya