Polri Pertebal Pengamanan di Dogiyai, 400 Orang Mengungsi ke Nabire

Puluhan bangunan dibakar dan sejumlah orang luka-luka

Timika, IDN Times - Kerusuhan yang terjadi di Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah, Sabtu (12/11/2022) imbas dari tewasnya seorang balita yang tertabrak. Hal tersebut menyulut kerusuhan massa yang anarkis dengan membakar rumah dan kendaraan.

Kondisi itu berlanjut hingga malam hari yang membuat puluhan bangunan di 4 titik menjadi sasaran pembakaran massa.

Baca Juga: Buntut Balita Tertabrak, Massa Bakar Rumah hingga Kantor di Dogiyai

1. Sebanyak 2 satuan setingkat pleton Polri dikirim ke Dogiyai

Polri Pertebal Pengamanan di Dogiyai, 400 Orang Mengungsi ke Nabire2 SST Polri dikirim ke Dogiyai, IDN Times/ Istimewa

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, mengatakan, pascakerusuhan yang terjadi di Kabupaten Dogiyai itu, sebanyak 2 Satuan Setingkat Peleton (SST) diberangkatkan ke Kabupaten Dogiyai untuk memperkuat pengamanan di sana.

Sebanyak 2 SST Personel Polri itu dikirim dari Kabupaten Nabire menuju Kabupaten Dogiyai dengan menggunakan 2 unit truk pada Minggu (13/11/2022) pukul 11.00 WIT. Mereka kemudian dibagi untuk mengisi titik-titik yang akan diamankan.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Dogiyai Tewaskan Balita, Warga Mengamuk

2. Sebanyak 400 orang mengungsi ke Nabire

Polri Pertebal Pengamanan di Dogiyai, 400 Orang Mengungsi ke NabireKabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal Istimewa/ IDN Times

Kamal menjelaskan, pasca kerusuhan, hingga Minggu, aparat masih melakukan pemantauan serta pengamanan di seluruh TKP.

Tidak hanya itu, anggota bersama beberapa masyarakat juga saling membantu mengamankan barang-barang berharga yang tersisa dari peristiwa kemarin.

Adapun TKP pembakaran kemarin terjadi di 4 titik berbeda, yakni di Jalan Ikebo Bawah yang menghanguskan 3 bangunan yang terdiri dari 17 petak serta di Jembatan yang menghanguskan 2 bangunan yang terdiri dari 50 petak berderet L.

Kemudian, dua kejadian pembakaran terjadi di Jalan Trans Nabire-Enarotali yang menghanguskan 6 bangunan kantor dinas dan di dekat jembatan yang menghanguskan 2 bangunan yang terdiri dari 13 petak.

“Hingga saat ini masih banyak masyarakat kurang lebih sekitar 400 yang secara bergiliran menunggu truk untuk sementara mengamankan diri di Kabupaten Nabire,” ujarnya.

Baca Juga: Pemuda 16 Tahun di Kabupaten Dogiyai Ditembak OTK

3. Para korban kerusuhan baik aparat maupun warga dirujuk ke RSUD Nabire

Polri Pertebal Pengamanan di Dogiyai, 400 Orang Mengungsi ke NabireAparat keamanan masih melakukan pemantauan dan pengamanan, IDN Times/ Istimewa

Para korban luka dari anggota kepolisian dan masyarakat akibat peristiwa tersebut telah diberangkatkan menuju Kabupaten Nabire menggunakan pesawat pada pukul 08.30 WIT. Mereka akan diberikan penanganan medis di Rumah Sakit Nabire.

Namun, ada satu korban atas nama Ikbal yang merupakan penjaga kios diduga hilang dan saat ini masih dalam pencarian pihak kepolisian.

“Beberapa Pejabat Utama Polda Papua juga telah tiba di Kabupaten Dogiyai guna mendalami kasus yang terjadi hingga mengakibatkan pembakaran di 4 TKP yang berbeda tersebut,” kata Kamal.

Baca Juga: Polda Papua: Situasi Dogiyai Kondusif Pasca 18 Rumah Warga Dibakar OTK

4. Warga diimbau tidak terprovokasi

Polri Pertebal Pengamanan di Dogiyai, 400 Orang Mengungsi ke NabireKabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal IDN Times/ Istimewa

Lebih lanjut, Kamal mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengembalikan situasi yang aman di Kabupaten Dogiyai dengan tidak terprovokasi oleh ajakan-ajakan pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Informasi lebih lanjut terkait situasi di Kabupaten Dogiyai akan kami informasikan segera namun hingga saat ini masih dipastikan aman dan kondusif,” ucapnya.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi COVID-19 di Papua-Papua Barat Masih 70 Persen Kurang

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya