Gangguan Keamanan KKB, Satu Anggota TNI Tertembak Saat Patroli

Dugaan Sementara, Gangguan dilakukan KKB Numbuk Telenggen

Timika, IDN Times - Seorang anggota TNI, Serka IDW, tertembak saat aparat keamanan gabungan melaksanakan patroli cipta kondisi di sekitar Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Minggu (13/11/2022) sekitar pukul 11.37 WIT.

Gangguan keamanan saat patroli gabungan itu diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Puncak Numbuk Telenggen dari arah Bukit Tepuk.

Baca Juga: Kemendagri Minta Pemprov Papua Inventarisasi Aset ke Papua Pegunungan

1. Satu anggota TNI tertembak di paha kanan

Gangguan Keamanan KKB, Satu Anggota TNI Tertembak Saat PatroliAnggota TNI saat akan dievakuasi ke Timika, IDN Times/ Istimewa

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2022, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal membenarkan peristiwa penembakan satu anggota TNI saat melaksanakan patroli cipta kondisi tersebut.

“Akibat penyerangan yang dilakukan oleh KKB Pimpinan Numbuk Telenggen, seorang anggota TNI terkena tembakan di bagian paha kanan sehingga dengan cepat personel mengevakuasi korban ke Puskesmas Ilaga,” jelasnya.

Baca Juga: Buntut Balita Tertabrak, Massa Bakar Rumah hingga Kantor di Dogiyai

2. Korban penembakan dievakuasi ke Timika

Gangguan Keamanan KKB, Satu Anggota TNI Tertembak Saat PatroliKorban saat diturunkan dari geli, IDN Times/ Istimewa

Kamal melanjutkan, setelah mendapatkan penanganan awal di Puskesmas Ilaga, korban kemudian dilarikan menuju Bandara Ilaga untuk dibawa ke Kabupaten Mimika guna mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

“Untuk korban dalam keadaan sadar dan telah dievakuasi menggunakan helikopter Kadal milik TNI AU untuk dilanjutkan penanganan medis di Rumah Sakit Timika,” ujar dia.

Baca Juga: KKB Serang Warga Sipil di Beoga Papua, 1 Tewas dan 1 Luka Tembak

3. Terjadi kontak tembak

Gangguan Keamanan KKB, Satu Anggota TNI Tertembak Saat PatroliKepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua Kombes Pol, Ahmad Mustofa Kamal Istimewa/ IDN Times

Ia mengatakan, gangguan yang dilakukan KKB, direspons aparat dengan memberikan tembakan balasan sehingga terjadi kontak tembak antara aparat TNI-Polri dengan KKB tersebut.

Saat ini, pelaku penembakan juga masih dalam penyelidikan dan pengejaran pihak kepolisian.

Baca Juga: 20 Orang KKB Beraksi Lagi, Cegat dan Pukuli Warga Pakai Popor Senjata

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya