Kronologi Tergelincirnya Pesawat SAM Air di Bandara Boega, Papua

Pesawat Sam Air Tergelincir overshoot runway

Timika, IDN Times - Pesawat SAM Air/PK-SMS yang dipiloti Captain Alexander Agapa mengalami overshoot atau melampaui landasan di Bandara Boega, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, saat mendarat.

Kejadian tersebut diterima Tower Bandara Mozes Kilangin Timika bahwa telah terjadi insiden, Senin (23/1/2023) pukul 07.30 WIT.

Baca Juga: Pesawat SAM Air Tergelincir di Bandara Beoga Papua Tengah

1. Pesawat Sam Air membawa 11 penumpang dan 689 Kg muatan

Kronologi Tergelincirnya Pesawat SAM Air di Bandara Boega, PapuaKondisi pesawat Sam Air usai tergelincir, IDN Times/ Istimewa

Pesawat Sam Air/PK-SMS diketahui membawa 11 penumpang dan muatan sekitar 689 kg. Pesawat tersebut berangkat dari Bandara Mozes Kilangin Timika menuju Bandara Boega.

Saat tiba di Bandara Beoga, pesawat tersebut melakukan pendaratan di runway, tetapi mengalami overshoot atau melewati runway dan tergelincir.

2. Awak pesawat mampu kendalikan

Kronologi Tergelincirnya Pesawat SAM Air di Bandara Boega, PapuaKondisi pesawat Sam Air usai tergelincir, masyarakat membantu evakuasi barang dari dalam pesawat, IDN Times/ Istimewa

Beruntungnya, insiden ini tidak mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Pasalnya, awak pesawat, yakni Captain Alexander Agapa; FO, Desly Putut; dan Mekanik, Minarto dapat mengendalikan laju pesawat.

Sebab mampu dikendalikan, maka pesawat pun hanya tergelincir. Kondisi para awak dan penumpang juga selamat. 

Baca Juga: Kemendagri Distribusikan 2,3 Juta Blanko e-KTP, Termasuk ke DOB Papua

3. Pesawat Sam Air ditarik petugas dan warga

Kronologi Tergelincirnya Pesawat SAM Air di Bandara Boega, PapuaIlustrasi Pesawat. (IDN Times/Arief Rahmat)

Usai kejadian tersebut, pesawat Sam Air akan tetap berada di Bandara Beoga sembari menunggu arahan selanjutnya dari pihak maskapai.

Lantaran posisi pesawat masih berada di runway Bandara Beoga, pihak TNI Polri bersama warga berupaya memindahkan pesawat dengan cara ditarik menggunakan tali.

Adapun kerugian akibat insiden tersebut belum dipastikan karena masih menunggu konfirmasi dari crew pesawat.

Baca Juga: Pesawat Terbakar Akibat Powerbank, Ini Aturannya saat Naik Pesawat

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya