Demi Dongkrak Ekonomi Nasional, Menparekraf Gelar GTF Anuual Meeting 

Dihadiri 300 delegasi dari 50 negara

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menyelenggarakan Global Tourism Forum (GTF) Annual Meeting 2022 di Movenpick Resort & Spa Jimbaran, Bali pada 17-18 November 2022. 

Ajang global ini mengusung tema “Time for Travel & Tourism – from Words to Actions” dengan harapan dapat mendongkrak perekonomian Indonesia. Terlebih lagi mengingat, citra serta kepercayaan dunia terhadap Indonesia sebagai destinasi unggulan MICE internasional. 

"Kami juga berharap dapat meningkatkan peluang kerja sama dan investasi di masa yang akan datang sehingga dapat menghasilkan multiplier effects yang berkontribusi pada perekonomian nasional," kata Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam "The Weekly Brief Sandi Uno' yang berlangsung secara hybrid di Gedung Sapta Pesona, Senin (31/10/2022).

1. Membahas nasib masa depan pariwisata Indonesia

Demi Dongkrak Ekonomi Nasional, Menparekraf Gelar GTF Anuual Meeting Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani (kemenparekraf.go.id)

Sementara itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani, menjelaskan jika GTF Annual Meeting 2022 akan membahas nasib masa depan pariwisata dan investasi di Indonesia.

"Jadi, nanti di GTF Annual Meeting 2022 akan ada beberapa sesi seperti membahas investasi, pariwisata ke depan seperti apa, dan memang pembicara dari CEO dari tourism industry. Jadi yang kita lihat ini dari aspek bisnis," kata Sandi.

"Kita harapkan sebenarnya konteksnya hanya sebagai awal platform menginformasikan potensi kita dan ke depan sebenarnya timbulnya bisnis baru dan investasi di indonesia," lanjutnya.

Baca Juga: Menparekraf: Dieng Culture Festival Berpotensi Jadi Event Kelas Dunia

2. Dihadiri 300 delegasi dari 50 negara

Demi Dongkrak Ekonomi Nasional, Menparekraf Gelar GTF Anuual Meeting tetratech.com

GTF Annual Meeting 2022 akan dihadiri oleh 300 delegasi dari 50 negara seperti Turki, Prancis, Spanyol, Arab Saudi, Korea, dan sebagainya. Sandiaga Uno berharap semua hadirin dapat menghadiri kegiatan ini.

"Kami berharap mereka terkonfirmasi hadir, ada Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan; Presiden Prancis, Emmanuel Macron; Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez; Sekjen PBB Tahun 2007-2016 dari Korea Selatan, Ban Ki Moon," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

3. GTF Annual Meeting 2022 merupakan kebangkitan pariwisata setelah dua tahun

Demi Dongkrak Ekonomi Nasional, Menparekraf Gelar GTF Anuual Meeting Global Tourism Forum (kemenparekraf.go.id)

Ketua Indonesia Tourism Forum, Sapta Nirwandar juga menegaskan, GTF Annual Meeting 2022 merupakan salah satu kebangkitan pariwisata Indonesia setelah dua tahun berperang dengan pandemik COVID-19.

Acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan cakupan jejaring bagi pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif domestik.

"Seperti yang Menparekraf nyatakan bahwa ini salah satu kebangkitan pariwisata kita setelah dua tahun. Akan ada CEO dari tourism industry yang akan hadir seperti CEO Turkish Airline, pebisnis, dan investor," kata Sapta, yang hadir secara offline di Gedung Sapta Pesona.

Baca Juga: Keren Abis, Kemenparekraf Bakal Ciptakan Metaverse untuk Pariwisata RI

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya