Tanggul Pantai Kalibaru Rampung, Pj Gubernur DKI: Saya Titip ke Warga

Tanggul Pantai Kalibaru bisa memperbaiki kondisi lingkungan

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengimbau masyarakat untuk saling bergandengan, menjaga tanggul pengaman Pantai Kalibaru sepanjang 3,2 kilometer yang baru saja selesai dibangun.

Hal ini disampaikan Heru saat meninjau kondisi tanggul Pantai Kalibaru, Jakarta Utara, Jumat (20/1/2023).

"Saya titip ke warga, Camat, Lurah, dan Kapolsek tanggulnya dijaga karena tidak mungkin Pemda maupun Pemerintah Pusat membangun kembali jika ini rusak atau dirusak hal-hal lain. Ini sudah selesai tinggal merapikannya saja," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/1/2023).

1. Pembangunan tanggul untuk mengendalikan banjir sekaligus perbaiki lingkungan

Tanggul Pantai Kalibaru Rampung, Pj Gubernur DKI: Saya Titip ke WargaPeninjauan tanggul Pantai Kalibaru, Jakarta Utara, Jumat (20/1/2023). (Pemprov DKI Jakarta)

Seperti yang diketahui, pembangunan tanggul pengamanan ini termasuk salah satu bagian dari proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang berperan dalam upaya penanggulangan banjir.

Kendati demikian, ternyata tanggul tersebut juga dibangun guna memperbaiki kondisi lingkungannya dengan hadirnya konsep ruang ketiga. Panjang proyek NCICD ini mulai dari Plaza Kalibaru hingga Kolam Retensi Krematorium.

“Prinsipnya di dalam NCICD ini bukan hanya mengendalikan banjir tapi juga memperbaiki kondisi lingkungan, makanya akan dibangun sejumlah sarana bagi masyarakat,” kata Kepala Satuan Kerja NCICD, Ferdinanto, Rabu (4/1/2022.).

Baca Juga: Tanggul Pantai NCICD Jadi Ruang Ketiga di Cilincing, Jakut

2. Air laut tidak lagi rembes ke sekitar

Tanggul Pantai Kalibaru Rampung, Pj Gubernur DKI: Saya Titip ke WargaPeninjauan tanggul Pantai Kalibaru, Jumat (20/12/2023). (Pemrov DKI Jakarta).

Budi tidak hanya sendirian meninjau lokasi tersebut, ia juga didampingi Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim dan pejabat terkait lainnya.

Ia mengatakan, dengan adanya pembangunan tanggul pantai Kalibaru maka wilayah Kecamatan Cilincing dan sekitarnya tidak ada lagi rembesan air laut.

"Sekali lagi, mohon ini dijaga, kita menjaga semuanya untuk ke depan Jakarta," kata Heru.

3. Kawasan tanggul tidak untuk kepentingan pribadi

Tanggul Pantai Kalibaru Rampung, Pj Gubernur DKI: Saya Titip ke WargaWakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meninjau ngerjaan tanggul rob atau tanggul pantai National Capital Integrated Coastal Development (NCICD), di Caping Beam Tanggul Muara BKB, Jakarta Utara dan pengerukan lumpur di Waduk Pluit, Jakarta Utara, Minggu (26/12/2021) (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Diberitakan sebelumnya, Ali juga turut mengimbau masyarakat sekitar agar tidak memanfaatkan kawasan tanggul pantai untuk kepentingan pribadi. 

Untuk itu, Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta akan segera memasang pagar, serta plang terhadap tanah timbul di sekitar tanggul pantai tersebut, sehingga tidak dimanfaatkan masyarakat untuk kepentingan pribadi.

“Mohon pengertian bersama kepada semua warga yang ada agar mengerti bahwa lokasi ini akan kita manfaatkan untuk kepentingan bersama. Setelah peninjauan ini akan kita rapatkan secara teknis tekait dengan layout desain, kemudian mulai ada penanaman pohon dan pembatasan lokasinya,” ujarnya menerangkan, Rabu (4/1/2023).

Baca Juga: Proyek Tanggul NCICD, Kewenangan Pemprov DKI Jakarta Bangun 11,112 Km 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya